3 Cara Mengetahui Cabang Bank dari No Rekening paling Mudah! – ZonaTalk


Berita Baru, Tips — Cara mengetahui cabang bank dari no rekening sangat penting terutama mewaspadai penipuan atau kelalaian.

Pesatnya perkembangan tekonologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi selain memudahkan manusia, ternyata juga membuat kasus kejahatan cyber semakin canggih. Sebab itu, pencegahan sejak dini memang diperlukan.

Salah satunya adalah dengan mengetahui cabang bank dari nomor rekening yang ada, kita bisa memastikan lebih awal apakah nomor rekening tersebut palsu atau bukan. Jika kita curiga, maka simak saja ulasan berikut ini khususnya terkait cara-cara mengetahui cabang bank dari no rekening sebagai berikut.

Cara Mengetahui Cabang Bank Dari No Rekening

Seringkali saat kita merasa ragu atau merasa tertipu, kita bertanya mengenai nomor rekening itu dari jumlah digitnya. Ini memang tahap awal mengenai cara mengetahui cabang bank dari no rekening, agar lebih mudah.

Walaupun tentu saja tidak langsung mengetahui nama bank, tapi paling tidak bisa memprediksinya. Sehingga wajar bila ada pertanyaan, semisal no rekening 10 digit bank apa?  

Berikut kami lampirkan tabel bank dan berapa digit nomor rekeningnya:

NoNama BankDigit no rek
1Bank Bukopin10 digit
2Bank Muamalat10 digit
3BCA10 digit
4BNI10 digit
5BRI Syariah10 digit
6BTN Syariah10 digit
7Danamon10 digit
8Mandiri Syariah10 digit
9CIMB Niaga13 digit
10Mandiri13 digit
11BRI15 digit
12BTN16 digit

Dari tabel itu sudah nampak jelas bahwa mayoritas bank-bank yang populer bernomor rekening 10 digit, yakni Bank Bukopin, Bank Muamalat, BCA, BNI, BRI Syariah, BTN Syariah, Danamon, dan Mandiri Syariah.

Cara Mengetahui Cabang Bank dari No Rekening dengan Situs kredibel.co.id

Situs kredibel.co.id sejauh ini menjadi situs resmi dan populer untuk mengecek mengetahui cabang bank dari nomor rekening yang kita butuhkan. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka situs kredibel.co.id
  2. Login, bisa langsung memakai akun google mail atau facebook
  3. Masukkan nomor rekening yang anda butuhkan di kolom yang tersedia
  4. Klik tombol Check
  5. Situs akan memberi tahu apakah no rekening tersebut aman atau tidak beserta cabang bank mana pembukaan rekening tersebut

Artinya, dari situs itu anda bisa mendapatkan pencerahan tentang cara mengetahui cabang bank bri dari nomor rekening, dari bank apapun.

Bagaimana cara mengetahui cabang bank BCA dari nomor rekening?

Caranya jelas sama dengan langkah di atas. Kredibel.co.id untuk semua bank. Kecuali bank yang tidak resmi atau bank khusus tentu saja.

Bagaimana Kalau Sebaliknya, yang Lupa malah Nomor Rekeningnya?

Kebanyakan orang tidak mengingat nomor rekening. Malah sangat sedikit yang mengingatnya. Celakanya, ketika suatu saat dibutuhkan, ternyata kita tidak menyimpan nomor penting itu baik di buku catatan, atau di ponsel.

Kita hanya membawa kartu ATM dan tertera rangkaian angka di situ yang ternyata nomor kartu ATM, bukan nomor rekening. Sementara itu, kita butuh mendadak. Bagaimana cara mengatasinya? Ini bukan Cara Mengetahui Cabang Bank dari No Rekening tapi sebaliknya, cara mengetahui comor rekening itu sendiri.

Berikut saya urutkan dari yang termudah hingga tersulit.

1. Buka Mobile Banking atau Internet Banking

Ini adalah cara paling mudah. Tapi kamu harus punya akunnya terlebih dahulu. Bagi yang belum punya, tinggal download sesuai rekening bang kita. Daftarlah. Bagi yang sudah punya, tinggal ngecek.

Berikut langkah mengetahui nomor rekening melalui mobile banking:

  • Buka mobile bankingmu.
  • Login dengan User ID atau Username dan password atau kode aksesmu.
  • Klik menu Informasi Saldo atau Informasi Personal atau Informasi Rekening.
  • Ya, di situ nomor rekeningmu langsung muncul.

2. Dengan Buku Tabungan

Jika kamu tidak punya, kamu bisa buka buku tabungan. Pada halaman awal dari buku tabungan itutersebut, tercantum informasi lengkap meliputi nomor rekening, nama pemilik buku, sampai kantor cabang pembukaannya.

Bagaimana jika buku tabungan juga tidak membawa atau lenyap?

3. Ke ATM

Jika kedua hal di atas tak bisa kamu lakukan, maka kamu bisa mengatasinya dnegan pergi ke ATM. DI situ yang bisa kamu lakukan adalah langkah-langkah berikut:

  • Masukkan kartu ATMmu.
  • Ketik PIN ATM.
  • Pilih menu Cek Saldo.
  • Di samping jumlah saldomu, ada nomor rekeningmu di situ. Kamu bisa langsung mencatatnya.

4. Hubungi Call Center

Jika ketiga opsi tersebut tidak bisa kamu lakukan karena ATMmu juga ikut hilang misalnya, kamu bisa langsung hubungi call center dari bank tempatmu menabung dulu. Kamu bisa menjelaskan bahwa kamu lupa nomor rekening dan kehilangan buku tabungan sekaligus kartu ATM.

Petugas bank biasanya akan melakukan verifikasi data, mulai nama lengkap, tanggal lahir, juga nama ibu kandung. Ketika semuanya sudah kamu berikan, barulah petugas akan menyebutkan nomor rekeningmu.

5. Datang ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, maka satu-satunya cara adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat dari bank tempatmu menabung. Bawalah KTP berikut NPWP, sebab biasanya umumnya akan perlu untuk ditunjukkan.

Di situ kamu bisa menjelaskan bahwa kamu kehilangan. Customer service akan membantu mengatasi masalahmu itu.



ZONATALK

Sumber : beritabaru.co