3 Tahun Tutup Karena Kebakaran, Notre-Dame Siap Dibuka 2024 – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Katetdral Notre-Dame di Paris rencananya akan dibuka kembali untuk jamaah dan publik pada tahun 2024.

Hal itu sebagaimana disampaikan Menteri Kebudayaan Prancis Rima Abdul Malak pada hari Kamis (28/7/22), lebih dari tiga tahun setelah atap Notre-Dame hancur dalam kebakaran besar.

Dilansir dari Reuters, Rima mengatakan fase pembersihan proyek restorasi telah berakhir, sehingga memungkinkan pekerjaan pembangunan kembali berlangsung pada akhir musim panas.

Notre-Dame telah ditutup untuk restorasi sejak kebakaran pada tahun 2019 yang
memusnahkan atapnya dan membuat puncak menaranya runtuh.

Doc.Reuters

“Kami yakin 2024 akan menjadi tahun sebagian besar pekerjaan ini selesai, tahun pembukaan kembali katedral untuk jamaah dan umum,” kata Rima saat mengunjungi lokasi.

Sebelumnya setelah kebakaran terjadi April 2019, Presiden Emmanuel Macron mengatakan katedral yang berasal dari abad ke-12 itu akan dibangun kembali dan kemudian berjanji untuk membukanya kembali untuk jamaah pada tahun 2024, ketika Prancis menjadi tuan rumah Olimpiade.

Katedral akan dikembalikan ke desain sebelumnya, termasuk menara setinggi 96 meter yang dirancang oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc pada pertengahan 1800-an.

Pembangunan kembali bangunan itu telah menyelesaikan fase keselamatan pada tahun 2021 dan bekerja untuk membersihkan bagian dalam katedral, rekonstruksi terutama melibatkan pembangunan kembali struktur atap kayu, kubah dan puncak menara.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co