5 Manfaat Matcha, Kaya Antioksidan dan Bisa Turunkan Berat Badan – ZonaTalk


Berita Baru, Tips – Manfaat Matcha atau teh hijau terhadap tubuh sangat luar biasa. Salah satu teh yang dikenal menyehatkan ini sangat kaya antioksidan sehingga dapat menyehatkan bagi siapa saja yang meminumnya.

Dilansir dari Health.com Teh hijau memiliki beberapa jenis dengan rasa dan manfaat yang berbeda juga. Jenis teh hijau yang dikenal memiliki rasa yang enak adalah matcha.

Banyak orang menganggap matcha sama dengan teh hijau karena sama-sama berwarna hijau dan disajikan dalam bentuk minuman dingin atau panas. Padahal, keduanya berbeda.

Matcha dan teh hijau berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis asal Tiongkok. Namun bedanya, matcha terbuat dari daun teh hijau kering yang sudah ditumbuk halus sebelum disajikan sebagai teh hangat. Karena semua bagian teh hijau ditumbuk menjadi satu, maka matcha memberikan manfaat yang lebih banyak daripada teh hijau.

Teh matcha punya rasa manis dan pahit yang dominan. Aroma matcha juga lebih kuat dibandingkan dengan teh hijau. Bahkan, kandungan gizinya juga disebut-sebut lebih banyak ketimbang jenis teh lainnya, seperti dilansir dari Verywell.

Satu sendok teh matcha mengandung 3 gram kalori, 27 miligram kalium, 6 persen vitamin A, dan 3 persen vitamin C. Karena kalorinya cenderung sangat sedikit, maka Anda bisa memanfaatkan matcha untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

Dalam takaran yang sama, matcha mengandung 15 kali lebih banyak antioksidan daripada buah delima dan blueberry. Bahkan, jumlah antioksidannya mencapai 60 kali lebih banyak bila dibandingkan pada sayur bayam.

Kandungan antioksidan yang khas pada matcha disebut sebagai katekin. Zat ini sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh terhadap penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Berikut manfaat matcha untuk tubuh:

1. Kaya Antioksidan

Ilustrasi olahan matcha (Foto: Istimewa)

Matcha memiliki kandungan katekin, yaiut antioksidan alami yang sangat kaya di dalamnya. Antioksidan ini bisa membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya yang bisa menjadi penyebab kerusakan sel maupun penyakit kronis.

Walaupun berbentuk bubuk, matcha memiliki seluruh nutrisi dari daun teh. Menyeduh matcha bisa menjadi cara yang lebih ampuh untuk memperoleh antioksidan secara maksimal dibanding dalam bentuk daun teh.

2. Melindungi Fungsi Hati

Hati memiliki peran vital pada kesehatan kita untuk membuang racun, mencerna obat, serta memproses nutrisi. Sejumlah penelitian menemukan bahwa matcha terrnyata bisa membantu melindungi kesehatan hati.

3. Meningkatkan Kerja Otak

Banyak orang mengonsumsi teh atau kopi untuk memacu dan meningkatkan kinerja mereka. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah komponen matcha bisa membantu meningkatkan fungsi kerja otak.

Matcha diketahui memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibanding teh hijau. Selain itu, terdapat juga kandungan L-theanine yang bisa meningkatkan aktivitas gelombang alfa di otak dan bermanfaat untuk membuat tubuh rileks dan menurunkan tingkat stres.

4. Mencegah Kanker

Matcha merupakan salah satu minuman dengan segudang senyawa di dalamnya yang sangat menyehatkan. Kandungan di dalam teh ini juga diketahui bisa mencegah terjadinya kanker.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak teh hijau bisa menurunkan ukuran tumor dan memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Walau begitu, penelitian ini masih dilakukan secara terbatas dan butuh penelitian lebih lanjut.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi teh hijau yang memiliki kemiripan dengan matcha bisa membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Teh hijau diketahui bisa menurunkan jumlah kolesterol buruk di dalam tubuh. Konsumsi teh hijau yang disertai gaya hidup tepat bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada sejumlah suplemen penurun berat badan, ada kemungkinan bahwa ekstrak teh hijau berada di komposisinya. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau bisa mempercepat metabolisme untuk meningkatkan penggunaan energi serta membakar lemak.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi ekstrak teh hijau bahwa konsumsi dalam jumlah cukup bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen. Walau sejumlah penelitian ini berfokus pada manfaat ekstrak teh hijau, namun hal yang sama kemungkinan juga dapat diperoleh dari konsumsi matcha.



ZONATALK

Sumber : beritabaru.co