An An, Panda Jantan Tertua di Dunia Wafat – ZonaTalk


Berita Baru, Hongkong – Panda jantan tertua di dunia, An An, wafat pada usia 35 tahun atau setara dengan 105 tahun untuk umur manusia pada Kamis (21/7).

Taman Hiburan Hong Kong, Ocean Park sebagai tempat panda tinggal An An, mengatakan kesehatan An An sudah mulai menurun dalam beberapa minggu terakhir.

An An tercatat dalam beberapa minggu terakhir makan lebih sedikit.

An An kemudian ‘dijatuhkan’ oleh seorang dokter hewan pada Kamis (21/7) pagi setelah An An terlihat tidak makan sama sekali.

“Ocean Park dengan sangat sedih mengumumkan hilangnya An An,” katanya dalam sebuah pernyataan di situsnya.

An An adalah hadiah dari pemerintah Tiongkok sejak tahun 1999. Sementara itu, pasangan An An, panda betina, Jia Jia meninggal pada 2016 ketika dia berusia 38 tahun.

“An An adalah anggota keluarga kami yang tak terpisahkan dan telah tumbuh bersama dengan taman. Dia juga telah membangun ikatan persahabatan yang kuat dengan penduduk lokal dan turis,” imbuh pernyataan Ocean Park.

Paulo Pong, ketua Ocean Park Corporation, mengatakan “kecerdasan dan keceriaan” An An akan sangat dirindukan dan taman akan membuka buku belasungkawa.

Ocean Park, yang menampung berbagai hewan termasuk walrus, penguin, dan lumba-lumba, masih memiliki dua panda raksasa, Ying Ying dan Le Le, yang diberikan ke Hong Kong pada 2007.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co