Analisa Pandangan Publik Terhadap Mendag Zulkifli Hasan – ZonaTalk


Menteri ESDM Klaim Harga Keekonomian Pertalite-Pertamax Rp30.000/Liter

Berita Baru, Jakarta – Founder Evello, Dudy Rudianto mengungkapkan bahwa pada periode 4 – 21 Juni 2022 terjadi peningkatan perhatian publik pada Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan. 

“Melalui Analisa Deep Learning, Evello mendapatkan empat temuan menarik seputar Zulkifli Hasan,” kata Dudy kepada beritabaru.co, Senin (27/6).

Temuan pertama adalah terjadi peningkatan perhatian publik pada Zulkifli Hasan jika dibandingkan sebelum reshuffle kabinet dan setelahnya. 

“Di Instagram, interaksi terhadap Zulkifli Hasan naik lebih dari 400 persen. Interaksi yang sama di YouTube juga terjadi kenaikan 450 persen,” tutur Dudy.

Bahkan, lanjut Dudy, keramaian percakapan juga meningkat drastis. Jumlah komentar terhadap Zulkifli Hasan naik 400 persen di Instagram dan meningkat 800 persen di YouTube

“Peningkatan juga terjadi pada jumlah tayang di Instagram yang naik 200 persen dan 400 persen jumlah tayang meningkat di YouTube,” ujarnya.

Temuan kedua adalah seputar sentimen dan emosi soal pangan, terutama minyak goreng. Kata Dudy, Hampir seluruh narasi Zulkifli Hasan seputar kebijakan terkait minyak goreng bersentimen negatif. 

“Demikian juga emosi yang terbaca. Pada kasus minyak goreng, emosi publik cenderung sedih,” terangnya.

Selain itu, di media sosial juga ramai beredar video saat Zulkifli Hasan diomeli oleh artis Harrison Ford saat menjabat sebagai Menteri Kehutanan.

“Video tersebut terdeteksi oleh Evello bersentimen negatif bagi Zulkifli Hasan walaupun dominasi emosi publik lebih kepada gembira alias terhibur,” sambungnya. 

Temuan keempat adalah adanya sentimen positif bagi Mendag Zulkifli Hasan ketika berada pada area komoditi perdagangan lainnya non pangan. 

“Keinginan asosiasi Kripto untuk berkolaborasi ternyata meningkatkan sentimen positif menjadi 65 persen dan emosi kegembiraan 42 persen,” pungkasnya.



ZONATALK
[ad_3]