Bahas KUA PPAS 2023, Ketua DPRD Badung Putu Parwata Pimpin Rapat dengan TAPD – ZonaTalk


bvn/sar

BAHAS KUA PPAS – Ketua DPRD Badung Putu Parwata didampingi Wakil Ketua Wayan Suyasa memimpin rapat pembahasan KUA PPAS dengan TAPD Badung, Selasa (2/8/2022).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Selasa (2/8/2022), memimpin rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dipimpin Wayan Adi Arnawa yang juga Sekda Badung. Putu Parwata didampingi Wakil Ketua I DPRD Badung Wayan Suyasa serta sejumlah anggotanya, sementara Adi Arnawa didampingi anggota TAPD seperti Kepala Bapenda Made Sutama, Kepala Bappeda Wayan Made Wira Dharmajaya serta sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Pada kesempatan itu, Putu Parwata memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah merancang pendapatan daerah hingga Rp 3,87 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 3,1 triliun. “Kami memberikan apresiasi atas keberanian Pemkab Badung menetapkan pendapatan daerah ini,” tegasnya.

Walau begitu, Putu Parwata meminta penjelasan Ketua TAPD kenapa sampai berani menetapkan angka tersebut, padahal APBD induk Badung 2022 hanya Rp 2,9 triliun. “Kami pikir ini sangat berani. Apa pertimbangannya,” tegas politisi PDI Perjuangan asal Dalung Kuta Utara tersebut.

Parwata berharap, apa yang sudah ditetapkan ini dapat dilaksanakan. Dengan begitu, apa yang diharapkan masyarakat seperti program mandatori di bidang pendidikan dan kesehatan bisa dijalankan. Demikian juga program infrastruktur yang diperlukan masyarakat. “Satu lagi pokir-pokir di OPD bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Ketua TAPD yang juga Sekda Badung Wayan Adi Arnawa mengungkapkan dasar penetapan angka Rp 3,87 triliun di pendapatan daerah pada 2023. Hal ini tak terlepas dari pelonggaran-pelonggaran yang sudah dilakukan pemerintah. Pelonggaran ini, katanya, membuat aktivitas pariwisata mulai menggeliat. Pendapatan pada triwulan I 2022 sekitar Rp 350 miliar, pada triwulan II 2022 bertambah lagi Rp 200 miliar. “Dalam satu semester di tahun 2022, sudah masuk pajak hotel dan restoran (PHR) di angka Rp 550 miliar,” tegasnya sembari optimis, hingga akhir tahun 2022, pendapatan dari PHR mencapai Rp 2 triliun lebih.

Selanjutnya, kata Adi Arnawa, sepanjang kondisi normal dan G20 berjalan dengan baik, angka yang dipasang yakni PAD Rp3,1 triliun sangat realistis. Walau begitu, Adi Arnawa juga meminta Bapenda Badung untuk melakukan optimalisasi pendapatan di luar PHR.

Optimisme ini, katanya, juga didukung oleh makin terkendalinya covid-19. Walau ada kenaikan angka positif, tegasnya, tingkat kesembuhannya sangat cepat. Ini tak lepas dari vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah. “Kecuali yang komorbid, tingkat kesembuhan pasien covid-19 sangat cepat dan tinggi,” ungkapnya.

Ketua Komisi III DPRD Badung Wayan Sandra mendukung optimisme TAPD dalam menentukan angka pendapatan daerah. “Kami sepakat dengan prediksi dan asumsi yang telah dilakukan,” katanya.

Dia memberikan fakta, saat ini pesawat yang datang dan parkir di Bandara Ngurah Rai sudah mencapai 300 unit per hari. Dalam kondisi normal sebelum covid-19, pesawat yang datang mencapai 400 unit. “Pesawat yang datang sudah 75 persen dari kondisi normal,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sandra meminta TAPD untuk merancang program trotoarisasi di wilayah Pererenan, Canggu ke barat hingga Cemagi yang kondisinya sangat macet. Ini dilalui wisatawan yang menginap di wilayah Kuta Utara. Ini penting mendapat perhatian selain trotoarisasi juga pelebaran jalannya karena memang jalan tersebut sebelumnya hanya jalan subak.

Sementara itu, anggota DPRD Badung lainnya Gusti Ngurah Saskara lebih banyak menyoroti soal belanja modal yang dipasang hanya Rp 204 miliar. “Kami minta belanja modal bisa diperbesar karena dapat menjadi alternatif pendapatan daerah jika terjadi persoalan di sektor pariwisata,” tegasnya.

Untuk dua tanggapan dari anggota Dewan ini, Adi Arnawa menyatakan sepakat. Dia menilai pelebaran jalan maupun trotoarisasi di wilayah Pererenan, Canggu hingga Cemagi perlu dilakukan. Demikian juga terkait belanja modal, bahkan Pemkab Badung berencana membuat Perumda di Bidang Pangan dan Infrastruktur. (sar)

 

The post Bahas KUA PPAS 2023, Ketua DPRD Badung Putu Parwata Pimpin Rapat dengan TAPD first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com