Beringkit “Lock Down” 2 Minggu, Pendapatan PD Pasar Dipastikan Melorot hingga Rp 400 Juta – ZonaTalk


bvn/sar

Dirut PD Pasar Mangu Giri Sedana Made Sukantra.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Kebijakan untuk melakukan lock down Pasar Hewan Beringkit karena serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) dipastikan akan membuat pendapatan PD Pasar Mangu Giri Sedana akan terjun bebas. Kebijakan ini justru terjadi saat menjelang Idul Adha yang menjadi puncak transaksi hewan untuk kurban.

Direktur Utama PD Pasar Mangu Giri Sedana Badung Made Sukantra saat dihubungi Rabu (6/7/2022) menyatakan, kebijakan ini merupakan kebijakan daerah melalui tim untuk mencegah penularan PMK lebih luas lagi. “Ini salah satu upaya untuk mencegah penularan  PMK secara lebih luas,” tegasnya.

Penutupan sementara Pasar Hewan Beringkit ini, katanya, dimulai tanggal 5 hingga 19 Juli 2022 mendatang. Tujuannya, untuk memutus mata rantai siklus penyebaran virus PMK.

Setelah penutupan, pihaknya sudah mengosongkan pasar dari sapi-sapi yang akan dijual, termasuk sapi-sapi yang memang dititip di Pasar Beringkit. Selanjutnya, pihaknya sudah melakukan penyemprotan (spraying) terhadap lokasi pasar. “Sejak tanggal 5 Juli, pasar sudah dalam keadaan kosong,” tegasnya.

Ditanya soal keuntungan, Sukantra menyatakan, biasanya dalam satu putaran Idul Adha, pendapatan PD Pasar mencapai Rp 2 miliar. Namun sekarang ketika terjadi lock down atau penutupan selama dua minggu, pendapatan berpeluang turun hingga Rp 400 juta. “Dua minggu ada 4 kali pasaran dan tiap pasaran pendapatan mencapai Rp 80 juta hingga Rp 100 juta. Prediksi kami, pendapatan akan turun hingga Rp 400 juta,” tegasnya.

Apakah penutupan ini dipastikan hanya dua minggu? Sukantra tak berani memastikan. Hal ini jelas melihat perkembangan PMK di Kabupaten Badung. “Kami berharap tidak ada penularan lagi. Namun ketika penularan bertambah, tidak tertutup kemungkinan lock down akan diperpanjang,” katanya.

Lantas darimana pasokan hewan-hewan kurban yang diperlukan masyarakat saat ini? Sukantra menyatakan masyarakat bisa berhubungan dengan rumah potong hewan (RPH) yang ada. “Yang kami tahu, masyarakat yang membutuhkan bisa berhubungan dengan RPH,” katanya. (sar)

 

The post Beringkit “Lock Down” 2 Minggu, Pendapatan PD Pasar Dipastikan Melorot hingga Rp 400 Juta first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com