Bersama Wahid Foundation, BNPT Gelar Workshop Desain Forum Kemitraan – ZonaTalk


Bersama Wahid Foundation, BNPT Gelar Workshop Desain Forum Kemitraan

Berita Baru, Jakarta – Wahid Foundation bersama Kedeputian Kerjasama dan Hubungan Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme RI (BNPT) gelar Workshop Desain Forum Kemitraan I di hotel Mercure Sabang Jakarta pada Senin (25/7) kemarin.

Workshop tersebut bertujuan menyusun draft dokumen panduan pembentukan forum kemitraan di tingkat nasional sebagaimana telah diamanatkan RAN PE (Rencana Aksi Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme) di Rencana Aksi pilar 3 fokus 1 tentang kemitraan pemerintah dan pemangku kepentingan di masyarakat.

Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral BNPT RI, Zaim Nasution mengatakan bahwa desain wadah kemitraan akan dibentuk sebagai panduan untuk menguatkan kolaborasi dan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat sipil untuk memaksimalkan implementasi RAN PE.

“Wadah kemitraan ditujukan untuk bersama – sama memanfaatkan sumberdaya yang ada,” kata Zaim Nasution kepada Beritabaru.co, Selasa (26/7).

Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Zaim itu menegaskan penting untuk merealisasikan amanat dan mandat yang ditugaskan kepada BNPT dalam rangka membuat forum kemitraan. 

“Arti penting Forum ini memperkuat kolaborasi dan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat sipil. Sehingga dengan adanya Forum Kemitraan, sinergi dalam PCVE bisa dilaksanakan dengan semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, direktur eksekutif Wahid Foundation Mujtaba Hamdi sangat mendukung atas pembentukan forum kemitraan tersebut. 

Dukungan ini dilatarbelakangi hasil riset Wahid Foundation, yang kemudian dikuatkan oleh laporan 1 tahun implementasi RAN PE oleh BNPT RI yang menyatakan bahwa salah satu capaian penting dari hasil  implementasi 1 tahun RAN PE adalah terbangunnya koordinasi positif antar Kementerian/lembaga dalam implementasi RAN PE, termasuk menegaskan kembali peran serta organisasi masyarakat sipil dan inisiasi pemerintah daerah atas pentingnya mendukung implementasi RAN PE.

“Karenanya, pembentukan forum kemitraan perlu didukung maksimal,” katanya.

Dalam workshop tersebut, banyak hal yang dibahas dan dirumuskan, antara lain; konsep forum kemitraan secara umum, struktur, mekanisme kerja, manfaat dan peluang,  hak dan kewajiban, periode forum, tujuan, serta ruang lingkup kemitraan dan lain sebagainya.



ZONATALK
[ad_3]