Cegah Uang Palsu, Wagub Cok. Ace Minta Warga Pahami Keaslian Uang Rupiah – ZonaTalk


bvn/sar

BUKA SEMNAS – Wagub Cok. Ace membuka Semnas Cinta, Bangga dan Paham Rupiah yang ditandai dengan pemukulan gong, Selasa (19/7/2022). 

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Di tengah pesatnya digitaalisasi dan transaksi secara online, masih banyak warga yang masih menggunakan transaksi secara konvensional dengan menggunakan uang secara kartal baik uang kertas maupun logam. Karena itu, peluang beredarnya uang palsu masih ada di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wagub Tjok. Oka Artha Ardana Sukawati (Cok. Ace) saat membuka Seminar Nasional (Semnas) “Peran Bank Indonesia Tentang Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah dan Pemahaman Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang” yang digelar PWI bali bekerja sama dengan anggota Komisi XI DPR RI Gusti Agung Rai Wirajaya dan Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Bali, Selasa (19/7/2022) di Kantor BPSDM Bali di Tanjung Bungkak Denpasar.

Acara tersebut diikuti ratusan peserta serta offline serta 250 peserta yang mengikutinya secara online melalui zoom. “Untuk terhindar dari uang palsu, warga perlu mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah,” tegasnya.

Dia menunjuk setiap uang asli memiliki tanda tertentu serta identitas yang membedakan harga atau nominal. Selain itu, ada lambang negara Garuda Pancasila, angka dan huruf, tanda tangan pemerintah, nomor seri, teks, tahun emisi dan cetak. “Ini harus dipahami untuk terhaindar dari uang palsu,” tegas pengelingsir Puri Ubud tersebut.

Pada kesempatan itu, Wagub juga menyinggung program Pemprov Bali yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang di dalamnya ada program Bali Smart Island dengan memanfaatkan teknologi. Karenanya, Pemprov Bali memasang hotspot atau wifi gratis di seluruh Bali. “Tujuannya agar masyarakat tidak sulit mengakses internet untuk memperoleh informasi secara cepat terutama dalam meningkatkan perekonomian,” ujarnya.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. Saat memukul gong, Wagub Cok. Ace didampingi oleh anggota Komisi XI DPR RI Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho dan Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra. (sar)

 

The post Cegah Uang Palsu, Wagub Cok. Ace Minta Warga Pahami Keaslian Uang Rupiah first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com