Cegat Pengaruh China, Inggris akan Kirimkan Armada Kapal Selam Bertenaga Nuklir Ke Australia – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Inggris akan mengerahkan armada kapal selam bertenaga nuklir ke Australia untuk menahan pengaruh China di wilayah tersebut, surat kabar Inggris Daily Mail melaporkan pada hari Jumat.

Kepala angkatan bersenjata Inggris, Tony Radakin, diharapkan dapat mencapai kesepakatan pada konferensi angkatan laut di Sydney minggu depan, sehingga komitmen London di bawah aliansi keamanan AUKUS Australia, Inggris dan Amerika Serikat, terpenuhi.  

Kapal selam tersebut, seperti dilansir dari Sputnik News, akan ditempatkan di pantai barat Australia, di kota Perth, hingga tahun 2024 untuk melakukan operasi patroli. Perwira kapal selam Australia akan diintegrasikan ke dalam kru Inggris untuk meningkatkan keterampilan mereka, tambah surat kabar itu.

Namun demikian, Angkatan Laut Inggris menolak untuk mengungkapkan berapa banyak kapal selam yang dapat dikirim ke Australia. Mereka mneyebut bahwa semua rincian operasional mengenai armada kapal selam Inggris dirahasiakan. Kementerian pertahanan Inggris juga menolak mengomentari masalah ini, kata Daily Mail.

Kemitraan AUKUS, yang didirikan pada September 2021, bertujuan untuk menyediakan Australia armada kapal selam bertenaga nuklirnya sendiri, dengan setidaknya delapan kapal selam yang direncanakan akan dikirimkan. Rusia dan China telah menyuarakan keprihatinan tentang tantangan keamanan di kawasan yang berasal dari pembentukan AUKUS, dengan mengatakan bahwa hal itu dapat mengakibatkan runtuhnya rezim non-proliferasi nuklir.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co