CEK FAKTA : Jokowi Bebaskan Habib Rizieq dan Lantik Jadi Menag Baru

Beredar narasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi bebaskan Habib Rizieq Shihab. Presiden Jokowi juga disebut langsung membawa Habib Rizieq Shihab ke Istana untuk di lantik sebagai Menteri Agama (Menag) menggantikan Yaqut Cholil Qoumas.

Narasi ini di bagikan oleh akun YouTube INDOXX1 TV pada 11 Maret 2022. Akun ini membagikan video berjudul “MENGEJUTKAN!! “JOKOWI BEBASKAN HRS” DAN LANTIK HRS JADI MENTERI AGAMA PENGGANTI YAQUT??

Dalam gambar thumbnail video tersebut, terdapat foto Presiden Jokowi yang terlihat menggenggam tangan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di sisi kanan dan Habib Rizieq di sisi kiri.

Video itu juga di lengkapi narasi yang menyatakan Presiden Jokowi dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat membebaskan Habib Rizieq. Mereka juga di sebut menunjuk Habib Rizieq sebagai Menteri Agama, menggantikan Yaqut Cholil Qoumas.

Lantas benarkah klaim Jokowi bebaskan Habib Rizieq dan Lantik HRS jadi menag ?

Faktanya, Yaqut Cholil Qoumas hingga saat ini masih menjabat sebagai Menteri Agama. Hal ini di buktikan dari situs resmi Kementerian Agama, kemenag.go.id, di mana Yaqut masih menjadi Menteri Agama dan belum ada perubahan jabatan. Berarti narasi yang di lakukan oleh channel Youtube INDOXX1 TV itu tidak benar.