China Luncurkan Latihan Angkatan Laut di Laut China Selatan – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Angkatan bersenjata China telah meluncurkan latihan angkatan lautnya di Laut China Selatan, di lepas pantai provinsi Guangdong.

Menurut biro keselamatan maritim provinsi Guangdong, seperti dilansir dari Sputnik News, latihan tersebut akan dilakukan pada 29 dan 30 Juli.

Laporan tersebut muncul di tengah kabar bahwa Ketua DPR AS, Nancy, sedang melakukan tur Asia-nya pada hari Jumat, perjalanan yang memungkinkan ia berhenti di Taiwan – sebuah langkah yang memancing amarah China.

Sehari sebelumnya, Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden melakukan pembicaraan melalui telepon. Dalam percakapan tersebut Xi memarahi Biden, menyebut AS telah melanggar Tiga Komunike tentang hubungan Amerika Serikat dengan Taiwan.

“Menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China adalah keinginan kuat oleh lebih dari 1,4 miliar orang China,” kata Xi dalam panggilan tersebut seperti dikutip AP. “Mereka yang bermain api akan binasa karenanya,” tambahnya.

Seorang pejabat senior pemerintah AS, bagaimanapun, menyarankan bahwa peringatan tentang risiko “bermain dengan api” adalah standar untuk Xi, dan menggambarkan diskusi tentang Taiwan sebagai “langsung dan jujur”, catatan CNN.

Politico juga menyarankan bahwa Xi dan Biden sekarang mungkin mempertimbangkan untuk bertemu satu sama lain secara langsung setelah percakapan telepon mereka minggu ini.

Menurut Politico, seorang pejabat senior administrasi menyebutkan “percakapan tentang pertemuan tatap muka sedang dilakukan antara tim” dan bahwa, dari sudut pandang mereka, “ada sangat banyak agenda afirmatif yang jelas yang diajukan dan disepakati untuk oleh para pemimpin untuk tim untuk bekerja menuju. ”



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co