China Luncurkan Modul Stasiun Luar Angkasa Kedua, Wentian – ZonaTalk


Berita Baru, Inovasi – China pada hari Minggu (24/7/22) meluncurkan modul kedua ke stasiun ruang angkasa permanennya, dalam salah satu misi terakhir yang diperlukan untuk menyelesaikan pos terdepan yang rencananya akan mengorbit pada akhir tahun ini.

Sebuah siaran langsung oleh kantor berita negara CCTV menunjukkan modul laboratorium Wentian (“Quest for the Heavens”) seberat 23 ton diluncurkan di belakang roket paling kuat China, Long March 5B, pada pukul 14:22 waktu setempat dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di pulau selatan Hainan.

Staf badan antariksa, terlihat di siaran langsung mengamati kemajuan peluncuran dari ruang kontrol, bersorak dan bertepuk tangan ketika Wentian terpisah dari roket sekitar 10 menit setelah peluncuran.

Peluncuran itu “sukses total”, CCTV melaporkan tak lama setelah itu.

Dilansir dari Reuters, China mulai membangun stasiun luar angkasa pada April 2021 dengan peluncuran modul Tianhe, dalam misi pertama dari 11 misi berawak dan tidak berawak dalam usaha tersebut.

Modul lab Wentian, dengan panjang 17,9 meter, akan menjadi tempat para astronot dapat melakukan eksperimen ilmiah, bersama dengan modul lab berikutnya yang belum diluncurkan yang dinamai Mengtian (“Memimpikan Surga”).

Wentian memiliki kabin airlock yang menjadi pintu keluar-masuk utama untuk kegiatan ekstravehicular ketika stasiun selesai.  Ini juga akan berfungsi sebagai tempat tinggal jangka pendek untuk astronot selama rotasi kru di stasiun, yang dirancang untuk akomodasi jangka panjang hanya tiga astronot.

Mengtian rencananya akan diluncurkan pada bulan Oktober dan, seperti Wentian, akan berlabuh dengan Tianhe, membentuk struktur berbentuk T.

Penyelesaian struktur, sekitar seperlima dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) secara massal, merupakan sumber kebanggaan di antara orang-orang China biasa dan akan mengakhiri 10 tahun Presiden Xi Jinping sebagai pemimpin Partai Komunis China yang berkuasa.

Di stasiun luar angkasa terdapat komandan misi Shenzhou-14 Chen Dong dan rekan satu timnya Liu Yang dan Cai Xuzhe. Mereka dijadwalkan untuk kembali ke Bumi pada bulan Desember dengan kedatangan kru Shenzhou-15.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co