Diana Suhardiman: Praktik Korupsi Sudah Melembaga di Indonesia – ZonaTalk


Bank Dunia: Indonesia Perlu Mewaspadai Situasi Global

Berita Baru, Jakarta – Praktek korupsi sudah melembaga di Indonesia, hal itu bertumpu pada berbagai jenis hubungan sosial serta proses pertukaran barang dan jasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur KITLV Diana Suhardiman saat pembukaan Sekolah Demokrasi Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) hasil kerja sama LP3ES, Universitas Diponegoro, dan KITLV Belanda

“Kepala proyek memainkan peranan yang cukup penting dalam praktek korupsi yang melembaga berkaitan dengan fungsi dan tanggung jawabnya dalam penggunaan dana proyekm” tutur Diana.

Menurutnya, proses seleksi kepala proyek akan dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebersediaan dari future-to-be kepala proyek untuk menjadi service point untuk upeti delivery.

“Sistem upeti berhasil mengalahkan wacana publik anti korupsi karena praktek korupsi yang melembaga disini bukan saja berlandaskan politik namun juga tertanam di dalam budaya dan kinerja birokrasi,” jelas Diana.

Oleh karena itu, Diana menegaskan perlu adanya pendekatan kritis terhadap korupsi menuju pembentukan strategi anti korupsi yang lebih berlandaskan politik dan budaya

“Penempatan ide dan gagasan keadilan sosial sebagai landasan pembentukan strategi anti korupsi. Perdebatan pikiran dan persepsi tentang korupsi, idealnya harus disertai dengan perubahan struktural yang sesuai dalam sistem politik yang ada,” jelasnya.



ZONATALK
[ad_3]