Diklaim Tertinggi, Upacara Ngaben PGSDT Kecamatan Manggis Gunakan Sarana Bade Setinggi 17 Meter – ZonaTalk


bvn/sar

17 METER – Bade setinggi 17 meter yang menjadi sarana pengabenan PGSDT Kecamatan Manggis, Jumat (29/7/2022).

 

AMLAPURA (BALIVIRALNEWS) –

Upacara ngaben serangkaian Karya Atma Wedana yang digelar Para Gotra Sentana Dalem Tarukan (PGSDT) Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem berlangsung pada Jumat (29/7/2022). Upacara ngaben yang melibatkan 10 dadia di Kecamatan Manggis ini menggunakan sarana sampi selem setinggi 8 meter dan bade setinggi 17 meter. Bade ini diklaim sebagai bade tertinggi. Ngaben yang melibatkan 151 sawo tersebut dipusatkan di Setra Desa Adat Angentelu.

Berdasarkan pengamatan Baliviralnews di lapangan, sampi selem yang diklaim terbesar tersebut tiba lebih dahulu di Setra Angantelu. Setelah sampi selem, bade yang diarak ratusan anggota Balapraja tersebut bergerak dari pondok (tempat sekah yang akan diupacarai) sepanjang sekitar 100 meter menuju setra.

Arak-arakan bade berjalan pelan karena bade tersebut nyaris setinggi pohon kelapa yang dilalui. Para pengarak harus berhati-hati agar bade tidak menabrak pepohonan yang ada di kanan kiri jalan yang dilalui.

Sampi selem setinggi 8 meter.

Sementara ribuan warga termasuk sejumlah wisatawan mancanegara yang menyaksikan arak-arakan bade tersebut merasa kagum dengan sarana bade tersebut. Hampir semua warga yang menyaksikan bade tersebut mengabadikan dalam ponsel mereka masing-masing. “Luar biasa,” ujar salah satu warga sambil sibuk.

Peserta ngaben kali ini diikuti oleh 10 dadia di sejumlah desa di Kecamatan Manggis. Di antaranya dari Desa Gegelang, Antiga, Ulakan, serta Desa Manggis. (sar)

The post Diklaim Tertinggi, Upacara Ngaben PGSDT Kecamatan Manggis Gunakan Sarana Bade Setinggi 17 Meter first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com