Diretas, Akun Twitter dan YouTube AD Inggris Promosikan Penipuan Kripto – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Akun Twitter dan YouTube milik Angkatan Darat Inggris telah diambil alih oleh peretas yang identitasnya belum diketahui pada Minggu (3/7).

Nama akun Twitter diubah menjadi “pssssd,” dan profil serta gambar latarnya diubah menyerupai koleksi token yang tidak dapat dipertukarkan yang disebut “The Possessed.”

Seperti dilansir dari CNBC, akun Twitter resmi The Possessed memperingatkan pengguna tentang “akun SCAM baru yang diverifikasi” yang meniru koleksi NFT – token yang mewakili kepemilikan konten online.

Minggu pagi, akun tersebut berganti nama menjadi “Bapesclan” — nama koleksi NFT lainnya — sementara gambar spanduknya diubah menjadi kera kartun dengan riasan badut. Peretas juga mulai me-retweet postingan yang mempromosikan skema pemberian NFT.

Sementara itu, nama akun YouTube telah diubah menjadi “Ark Invest,” perusahaan investasi Tesla dan bull bitcoin Cathie Wood.

Peretas menghapus semua video akun dan menggantinya dengan streaming langsung klip lama yang diambil dari percakapan dengan Elon Musk dan salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, tentang bitcoin yang dihosting oleh Ark pada Juli 2021. Teks ditambahkan ke streaming langsung yang mengarahkan pengguna ke situs penipuan kripto.

Namun demikian, kabarnya, kedua akun media sosial tersebut telah dikembalikan ke pemiliknya yang sah.

“Pelanggaran akun Twitter dan YouTube Angkatan Darat yang terjadi sebelumnya hari ini telah diselesaikan dan penyelidikan sedang berlangsung,” tweet Kementerian Pertahanan Inggris pada hari Senin.

“Angkatan Darat memperlakukan keamanan informasi dengan sangat serius dan sampai penyelidikan mereka selesai, tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut.”

Seorang juru bicara Twitter mengkonfirmasi bahwa akun Angkatan Darat Inggris “telah disusupi dan sejak itu telah dikunci dan diamankan.”

“Pemegang akun sekarang telah mendapatkan kembali akses dan akunnya kembali aktif,” kata juru bicara itu kepada CNBC melalui email.

Tobias Ellwood, seorang anggota parlemen Konservatif Inggris yang memimpin komite pertahanan di Parlemen, mengatakan pelanggaran itu “tampak serius.”

“Saya berharap hasil investigasi dan tindakan yang diambil akan dibagikan dengan tepat.”

Ini bukan pertama kalinya akun media sosial terkenal dieksploitasi oleh peretas untuk mempromosikan penipuan kripto. Pada tahun 2020, akun Twitter Musk, Presiden Joe Biden dan banyak lainnya diambil alih untuk menipu pengikut bitcoin mereka.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co