Eurostat: Harga Roti di UE Tidak Pernah Sebesar Agustus Ini – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Kantor Statistik Eropa (Eurostat) mengatakan pada hari Senin mengatakan bahwa harga roti di Uni Eropa tidak pernah sebesar Agustus ini, dengan kenaikan harga 18% dibandingkan dengan tahun lalu.

“Pada Agustus 2022, harga roti di UE rata-rata 18% lebih tinggi dibandingkan Agustus 2021. Ini peningkatan yang sangat besar dibandingkan Agustus 2021, ketika harga roti rata-rata 3% lebih tinggi dibandingkan Agustus 2020,” kata Eurostat dalam sebuah pernyataan.

Distribusi pertumbuhan harga roti tidak merata di seluruh ruang Uni Eropa, kata Eurostat.

“Beberapa negara jauh lebih terpengaruh daripada yang lain. Tingkat rata-rata perubahan harga roti tertinggi tercatat di Hongaria (+66% pada Agustus 2022), diikuti oleh Lituania (+33%), Estonia dan Slovakia (keduanya +32%) ,” kata Eurostat.

Seperti dilansir dari Sputnik News, badan statistik menambahkan bahwa selain harga roti, daging, minyak goreng nabati dan lemak juga menjadi lebih mahal.

Ukraina dan Rusia menyumbang hampir sepertiga dari produksi gandum dan jelai dunia dan setengah dari minyak bunga mataharinya. Gangguan dalam rantai pasokan karena permusuhan telah menyebabkan harga bahan bakar dan makanan yang lebih tinggi di seluruh UE, mendorong inflasi ke tingkat rekor dan menyebabkan biaya hidup melonjak.

Pada 22 Juli, Rusia, Ukraina, dan Turki menandatangani prakarsa yang ditengahi PBB untuk menyediakan koridor maritim kemanusiaan bagi kapal-kapal yang mengekspor makanan dan pupuk dari pelabuhan Laut Hitam. Sebagian besar makanan itu telah dikirim ke negara-negara Eropa.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co