Gempa Guncang Denpasar Sore Tadi, Ini Penyebabnya .. – ZonaTalk


bvn4

Pusat gempa bumi yang mengguncang Denpasar, Senin (25/7/2022).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Terjadinya guncangan gempa, Senin (25/7/2022) sore tadi, menurut Subkoordinator Pengumpulan dan Penyebaran Pusat Gempa Regional III, BMKG, Yohanes Agus Setyawan, disebabkan adanya patahan aktivitas Sesar Mendatar (Strike Slip Fault) di dasar laut di lokasi episenter. Ini menyebabkan adanya pelepasan akumulasi energi dalam bentuk gelombang seismik (gempa bumi). Gempa tersebut menurutnya tidak berpotensi tsunami.

“Karena ada aktivitas sesar (patahan), yang mana pusat gempa terjadi di Mag:3.7, 25-Jul-22 16:09:05 WIB, Lok:8.76 LS,115.28 BT (7 km TimurLaut Kuta Selatan Bali, Kedalaman 11 Km, dirasakan di Denpasar, Kuta, Jimbaran, Gianyar III MMI, dan Klungkung,” jelasnya.

Sampai saat ini belum ada laporan gempa susulan. Gempa bumi tidak dapat diprediksi baik dari segi ukuran, kekuatan gempanya, maupun waktu kejadiannya.

“Kejadian gempa bumi merupakan sesuatu yang alami dan normal, di jalur tektonik, sesar atau patahan subduksi, terjadi gempa bumi. Namun sekali lagi bahwa gempa bumi tidak dapat diprediksi baik dari segi ukuran, kekuatan gempanya maupun waktu kejadiannya,” katanya.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kewaspadaan atau kesiapsiagaan. “Bagi kita yang tinggal di daerah rawan gempa bumi perlu pengetahuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kejadian gempa bumi,” cetusnya.

Dirinya menyarankan bentuk antisipasi jika terjadi gempabumi, yang utama jangan panik, tetap berpikir jernih. Lindungi kepala, dapat berlindung di bawah meja atau dengan tas, jauhi kaca jendela, dan potensi jatuhnya barang. Ikuti dan pahami informasi BMKG yang dapat diperoleh lewat berbagai media, salah satunya melalui aplikasi (infoBMKG).

“Jika potensi tsunami di wilayahnya, jauhi pantai dan ikuti rambu evakuasi dan arahan yang diberikan. Info lengkap antisipasi gempabumi https://www.bmkg.go.id/gempabumi/antisipasi-gempabumi.bmkg,” tutupnya. (bvn4)

The post Gempa Guncang Denpasar Sore Tadi, Ini Penyebabnya .. first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com