Gratis Selama Sebulan! Naik Kereta Api Dari Stasiun Garut

ZONATALK.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera melakukan serangkaian uji cobalah sebulan ke depan untuk memastikan, di mulainya pengoperasian, jalan reaktivasi Stasiun [Garut], Jawa Barat.

“Dari hasil pengujian dan juga tadi safety assesment yang di laksanakan ada beberapa catatan yang sudah pasti hal biasa yang harus diperbaiki agar mencukupi ketentuan,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub RI, Zulfikri, seusai melakukan pengujian jalan di Stasiun Kereta Api Garut, Minggu (13/2/2022).

Menurutnya, cocok Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, setiap rancangan pengoperasian jalan kereta api, pihaknya harus melakukan serangkaian pengujian untuk menanggung safety atau keselamatan dari pengoperasian kereta api nanti.

“Itu yang udah kami lakukan,” kata dia.

Untuk menolong rancangan itu, lembaganya udah menurunkan tim keselamatan dan tim pengujian, untuk melakukan pengujian jalan kereta, kesiapan stasiun, dan juga melakukan safety assesment.

“Kita akan melakukan uji cobalah terbatas,” kata dia.

Baca Juga: Masa Karantina Menjadi 3 Hari Untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Uji Coba Gratis Naik Kereta Api | Penumpang Terbatas

Dalam pelaksanaannya untuk pekan pertama, tim akan melakukan uji cobalah dengan rangkaian kosong tanpa penumpang dan barang, sesudah itu uji cobalah dengan rangkaian berisi penumpang tapi terbatas. “Penumpangnya terbatas tidak full seperti itu,” ujar dia.

Selama uji cobalah berlangsung, ujar dia, penumpang tidak akan di pungut biaya. Sehingga, sesudah semua uji cobalah terbatas berlangsung, rancangan pengoperasioan kereta api secara komersial segera di lakukan.

“Tergantung serupa teman-teman di sana (Jakarta) menyelesaikan ini (Kelengkapan administrasi),” ujar dia.

Baca Juga: Satu Periode lagi : Dorongan Dari Masyarakat Untuk Joko Widodo

Untuk sementara, rencananya ada 2 lintasan layanan di Stasiun Garut, yang akan melayani penumpang yaitu trayek Garut-Pasar Senen. Dan juga trayek Garut–Purwakarta, bersubdisi dari pemerintah.

“Jadi ada 2 seharinya Cibatuan 4 trip yang dari Senen 2 trip mungkin,” ujar dia.

Untuk itu, Zulfikri menghendaki masyarakat Garut bersabar untuk menikmati pejalanan perdana pengoperasian jalan kereta dari Stasiun Garut. “Safety (keselamatan) ini adalah no satu yang harus kami perhatikan,” kata dia.

Sumber : https://www.liputan6.com