Gunakan Kain Songket, Puteri Indonesia Intelegensia 2019 Tuai Banyak Pujian – ZonaTalk


Berita Baru, Jakarta – Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya Anastasia Praditha, Puteri Indonesia Intelegensia 2019, terlihat anggun, cantik nan mempesona dengan memakai pakaian songket.

“Senangnya bisa memakai busana dari kain tradisional Nusantara di event Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan Darat 2022. Ada yang tahu enggak ini kain dari mana?” tulis Anastasia Praditha di akun @apraditha, 30 Maret 2022.

Postingan tersebut menuai respons positif dari netizen. Mereka kebanyakan memberikan pujian di sertai emoticon suka.

“Syantik,” sebut akun @yonsonyb.

“Aduhhh gorgeous nyaaa 😍😍😍😍😍 btw kain songket bukan sih ituuu queen?,” tanya @dny.by.

“Yess betul,” jawab gadis yang berprofesi sebagai MC, moderator dan host di salah satu stasiun TV Nasional.

“Kereeeennn ❤️🔥,” tulis @hermanibrahimmc.

Hingga dijawab langsung oleh Apraditha “hihiii kak Herman yg cariiin koleksinyaa,” imbuhnya.

Kemudian muncul tulisan “cantiikkk,” unggah akun @hamtarokomper.

Hingga akun @el_lewe bertanya “Ketemu pak Budi dit?” Lalu dibalas “iyaaa betul,” ucap Dita.

“Songket wong kito galo,” tulis @tim.tham_16.

Sebagai informasi, songket adalah jenis tenun tradisional Indonesia yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak.

Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. Bahan kain yang umum digunakan dalam pembuatan Songket yakni meliputi sutra, katun, dan katun-sutra.

Dirangkum beritabaru.co dari berbagai sumber, songket juga, kerap dikaitkan dengan Kerajaan Sriwijaya sebagai asal mula tradisi songket berasal.

Beberapa jenis Songket yang populer pun tak lepas dari lokasi-lokasi yang pernah berada di bawah kekuasaan Sriwijaya, salah satu lokasi dominan yang juga diyakini sebagai ibukota Kemaharajaan Sriwijaya di masa lampau yakni Palembang.

Selain Palembang, beberapa daerah di Sumatera juga menjadi lokasi penghasil Songket terbaik dalam kelasnya, yakni meliputi daerah-daerah di Minangkabau atau Sumatera Barat seperti Pandai Sikek, Silungkang, Koto Gadang, dan Padang.

Di luar Sumatera, kain songket juga dihasilkan oleh daerah-daerah seperti Bali, Lombok, Sambas, Sumba, Makassar, Sulawesi, dan daerah-daerah lain di Indonesia.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co