Gunung Berapi Meletus di Pulau Kyushu Jepang Barat – ZonaTalk


Berita Baru – Sebuah gunung berapi di pulau Jepang bagian barat Kyushu meletus pada Minggu malam. Akibat letusan ini asap hitam mengepul tinggi ke udara, tetapi belum ada laporan segera tentang kerusakan atau korban yang terluka.

Menurut laporan Reuters, Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengkonfirmasi bahwa gunung berapi Sakurajima terletak di ujung selatan Kyushu dekat kota Kagoshima meletus sekitar pukul 20:05 waktu setempat.

Televisi Jepang NHK melaporkan tentang adanya hujan batu vulkanik pada jarak 2,5 km dari gunung berapi itu.

“Tingkat peringatan letusan telah dinaikkan menjadi 5, tertinggi, dengan beberapa daerah disarankan untuk dievakuasi,” tambahnya.

Sakurajima adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Jepang dan letusan dari berbagai tingkat terjadi secara teratur.

Pada 2019 gunung itu memuntahkan abu setinggi 5,5 km.

Wakil kepala sekretaris kabinet Yoshihiko Isozaki dalam sebuah konferensi pers mengatakan tidak ada laporan kerusakan akibat letusan hari Minggu ini. Pejabat pemerintah juga masih terus mencari informasi lebih lanjut tentang situasi tersebut.

Regulator nuklir mengatakan tidak ada penyimpangan yang terdeteksi di pembangkit atom Sendai, yang terletak sekitar 50 km dari gunung berapi.

Rekaman video menunjukkan apa yang tampak seperti massa merah mengalir di satu sisi gunung berapi, dengan proyektil merah menembak ke atas.

“Sebagian besar kota Kagoshima berada di seberang teluk dari gunung berapi tetapi beberapa daerah pemukiman dalam jarak sekitar 3 km dari kawah mungkin diperintahkan untuk mengungsi tergantung pada situasinya,” kata NHK.

Kemudian dilaporkan bahwa 51 orang di sekitarnya telah dievakuasi.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co