Ilmuwan CERN Amati Tiga Partikel “Eksotis” untuk Pertama Kalinya – ZonaTalk


Berita Baru – Pusat penelitian nuklir Eropa CERN pada Selasa lalu mengatakan bahwa para ilmuwan yang bekerja dengan Large Hadron Collider (LHC) telah menemukan tiga partikel subatom yang belum pernah terlihat sebelumnya saat mereka bekerja untuk membuka kunci blok bangunan alam semesta.

LHC sepanjang 27 kilometer di CERN adalah mesin yang menemukan partikel Higgs boson, bersama dengan medan energi terkaitnya yang dianggap vital bagi pembentukan alam semesta setelah Big Bang 13,7 miliar tahun lalu.

Sekarang para ilmuwan di CERN mengatakan mereka telah mengamati jenis baru “pentaquark” dan pasangan pertama “tetraquark”, menambahkan tiga anggota ke daftar hadron baru yang ditemukan di LHC.

Mereka akan membantu fisikawan lebih memahami bagaimana quark mengikat bersama menjadi partikel komposit.

Quark adalah partikel elementer yang biasanya bergabung dalam kelompok dua dan tiga untuk membentuk hadron seperti proton dan neutron yang membentuk inti atom. Lebih jarang, bagaimanapun, mereka juga dapat bergabung menjadi partikel empat-kuark dan lima-kuark, atau tetraquark dan pentaquark.

“Semakin banyak analisis yang kami lakukan, semakin banyak jenis hadron eksotis yang kami temukan,” kata fisikawan Niels Tuning dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters, Kamis (7/7/8)

“Kami menyaksikan periode penemuan yang mirip dengan tahun 1950-an, ketika ‘kebun binatang partikel’ hadron mulai ditemukan dan akhirnya mengarah pada model quark dari hadron konvensional pada 1960-an. Kami menciptakan ‘kebun binatang partikel 2.0’.”



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co