Innospace Korsel Akan Luncurkan Roket dari Brasil Bulan Desember – ZonaTalk


Berita Baru, Inovasi – Presiden Badan Antariksa Brasil Carlos Moura mengatakan perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan Korea Selatan Innospace akan menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim roket dari pusat peluncuran Alcantara di Brasil utara pada Desember mendatang.

Dilansir dari Reuters, Innospace, yang berencana membuat peluncuran satelit kecil berbiaya rendah lebih mudah diakses dari berbagai lokasi di seluruh dunia, masih mengembangkan roketnya dan akan mengujinya dengan peluncuran eksperimental dari Alcantara, kata Moura dalam sebuah wawancara.

“Perusahaan rintisan Korea Selatan sedang mengembangkan roket hibrida yang ditenagai oleh bahan bakar padat dan cair dan akan menguji kendaraan dalam penerbangan suborbital yang akan membawa muatan sistem navigasi inersia untuk Angkatan Udara Brasil (FAB) yang mengoperasikan pangkalan Alcantara,” kata agensi Brasil, dikuti Berita Baru, Minggu (19/6/22).

Brasil berharap untuk mendapatkan bagian dari pasar peluncuran satelit kecil yang berkembang pesat dengan menawarkan pangkalannya di Alcantara, yang lokasinya di pantai Atlantik oleh khatulistiwa mengurangi biaya bahan bakar karena satelit tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk masuk ke orbit.

Gulir untuk melanjutkan Perusahaan roket AS Hyperion menarik diri dari negosiasi dengan Brasil dan Innospace menggantikannya untuk menjadi operator area peluncuran utama di pangkalan Alcantara, yang dijalankan oleh Angkatan Udara Brasil.

“Perusahaan kedirgantaraan Kanada C6 Launch Systems Inc, yang tahun lalu memperoleh lisensi operator Brasil, merencanakan peluncuran dari Alcantara pada 2023, sementara Orion AST yang berbasis di Virginia, yang merencanakan peluncuran awalnya bertujuan mengumpulkan sampah antariksa, belum membuat kemajuan apa pun”, kata Moura.

Virgin Orbit milik Miliarder Richard Branson juga telah memperoleh lisensi untuk beroperasi di Brasil dan akan menggunakan landasan pacu Alcantara yang ada 2,6 kilometer (1,6 mil) untuk Boeing 747, Cosmic Girl, untuk lepas landas dan meluncurkan roket yang menempatkan satelit kecil ke orbit rendah bumi. Moura mengatakan perusahaan satelit yang lebih kecil mengalami kesulitan memesan peluncuran dari situs yang ada, dengan daftar tunggu dua hingga tiga tahun, sehingga Alcantara bisa menjadi alternatif.

“Meskipun Elon Musk mengunjungi Brasil baru-baru ini, SpaceX-nya tidak memiliki rencana untuk berinvestasi dalam instalasi baru seperti Alcantara dan akan terus bekerja dari situs yang ada di Amerika Serikat,” kata Moura.

“Tetapi jika jumlah penerbangan SpaceX meningkat pesat dan pemerintah AS memutuskan untuk membangun fasilitas di Brasil utara, itu bisa berubah,” katanya.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co