Irak Menangkap 6 Militan ISIS di Kurdistan – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Irak telah menangkap enam anggota militan Negara Islam (IS), setidaknya dua dari mereka diringkus di wilayah semi-otonom Kurdistan, dan memorak-porandakan empat tempat persembunyian ISIS di provinsi utara Kirkuk pada senin (21/11).

Anggota ISIS, yang aktif di utara Baghdad dan Provinsi Anbar di Irak barat, ditangkap dalam operasi gabungan oleh Layanan Kontra-Terorisme Irak dan dinas keamanan Asayish dari wilayah Kurdi, juru bicara panglima pasukan Irak Yahia Rasoul kata dalam sebuah pernyataan.

Rasoul, seperti dilansir dari Xinhua News, tidak memberikan rincian tentang lokasi dan waktu penangkapan, sementara pernyataan tersebut mengidentifikasi dua militan ISIS sebagai Ahmed Saleh dan Bahauddin Zubar.

Juga pada hari Senin, dinas kontra-terorisme regional dari Kurdistan Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Pemerintah Daerah Kurdistan telah menyerahkan gerilyawan IS yang ditangkap di provinsi Erbil di Kurdistan pada hari Minggu, termasuk Ahmed Saleh dan Bahauddin Zubar, ke Counter Layanan Terorisme.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan keamanan Irak telah melakukan operasi terhadap gerilyawan ekstremis untuk menindak aktivitas intensif mereka.

Situasi keamanan di Irak telah membaik sejak kekalahan ISIS pada 2017. Namun, sisa-sisanya sejak itu menyelinap ke pusat-pusat kota, padang pasir dan daerah-daerah terjal, sering melakukan serangan gerilya terhadap pasukan keamanan dan warga sipil.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co