Istanbul Digelar Resepsi Akbar untuk Rayakan Festival Musim Semi – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Di pintu masuk salah satu hotel paling terkenal di Istanbul, sebuah patung kelinci raksasa menyambut pengunjung di tengah lautan lentera merah. Dekorasi temporer yang dipasang di lobi itu menjadi sambutan untuk Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek.

Di saat ratusan juta orang di seluruh China bersiap-siap merayakan datangnya Tahun Kelinci pada 22 Januari mendatang, Konsulat Jenderal China di Istanbul mengadakan sebuah resepsi akbar awal pekan ini yang dihadiri oleh tamu-tamu dari Turkiye maupun warga China perantauan di Hotel Shangri-La, yang terletak di pesisir Selat Bosphorus bagian Eropa.

Acara tersebut dirancang untuk memanjakan mata pengunjung. Hidangan-hidangan khas China disajikan, sementara para penari dan penyanyi China tampil di atas panggung.

Di antara para tamu, hadir pula pesepakbola wanita China Li Jiayue, yang baru-baru ini bergabung dengan klub sepak bola Turkiye Galatasaray SK yang berbasis di Istanbul.

“Saya sangat senang,” kata Li sebagaimana dikutip Xinhua News, Jumat (20/1/23), ia mengungkapkan bahwa ia kagum dengan kemeriahan acara tersebut.

“Saya sangat senang melihat begitu banyak orang China. Kami bisa mengobrol dalam bahasa Mandarin.”

Li menyampaikan harapan terbaiknya untuk keluarganya di China, dan mengatakan betapa dia sangat merindukan mereka.

Doc. Xinhua

Sukru Senturk, anggota Asosiasi Pengusaha Muda China, menikmati suasana ceria selama acara tersebut.

“Suasananya sangat menyenangkan. Semua orang ramah,” kata Senturk seraya menyampaikan pesan ucapan selamat kepada teman-temannya dari China.

“Saya berharap hubungan antara Turkiye dan China akan lebih erat tahun ini. Saya mendukung upaya untuk terus memperbarui kegiatan dan menjaga hubungan yang hangat antara kedua bangsa,” katanya.

Optimistis untuk tahun baru mendatang, pengusaha itu berkata bahwa mulai saat ini, warga China dapat dengan nyaman datang ke Turkiye untuk tujuan wisata maupun komersial. Dia percaya bahwa kolaborasi dan kemitraan akan terus ditingkatkan pada tahun ini.

Huseyin Uzumcu, seorang pengusaha Turkiye yang berbisnis dengan China, berkata, “Kami memiliki teman-teman China dan selalu berkomunikasi dengan mereka. Kami juga memiliki teman di sini. Kami juga memiliki hubungan komersial dengan mereka.”

“Selamat tahun baru untuk semua,” kata Uzumcu, sembari menambahkan bahwa dia berharap kedua negara akan terus memperkuat hubungan baik mereka di tahun yang baru.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co