Kebakaran Hutan di Barat Daya Prancis Menyebar, Ratusan Warga Dievakuasi dari Rumah – ZonaTalk


Berita Baru, Paris – Ratusan warga dievakuasi dari rumah mereka ketika kebakaran hutan di barat daya Prancis menyebar dan terus berkobar di luar kendali, kata pihak berwenang pada Jumat (15/7).

Lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran, didukung oleh sembilan pesawat pengebom air, telah berjuang sejak Selasa (12/7) kemarin untuk menguasai dua kobaran api yang dipicu oleh panas terik dan angin kencang.

“Situasinya masih buruk,” kata otoritas departemen Gironde, tempat kobaran api berkobar, dikutip dari kantor berita lokal Prancis, The Connexion.

Salah seorang Jurnalis-reporter BFMTV, Boris Kharmaloff dalam Twitter mengunggah situasi kebakaran di Pelabuhan Cazaux sangat mencekam.

“Pelabuhan Cazaux terbakar. Situasi tampaknya tidak terkendali malam ini di Gironde. Gambar yang mengerikan!” kata Kharmaloff, Jumat (15/7)

Kebakaran telah menghanguskan 7.300 hektar, total yang meningkat 2.000 hektar dalam semalam, kata pihak berwenang.

Sementara itu, kebakaran hutan lain yang terjadi di dekat kota tenggara Tarascon pada hari Kamis (14/7) dan membakar setidaknya 1.000 hektar telah distabilkan, menurut petugas pemadam kebakaran.

Kebakaran hutan juga berkobar di Portugal, Spanyol dan Kroasia, membakar rumah dan mengancam mata pencaharian.

Kebakaran itu dipicu karena sebagian besar Eropa dipanggang dalam gelombang panas ekstrim yang telah mendorong suhu ke pertengahan 40 derajat Celcius di beberapa bagian.

Salah satu dari dua kebakaran Gironde terjadi di sekitar kota Landiras di selatan Bordeaux, di mana 4.200 hektar telah terbakar, jalan ditutup dan 480 penduduk dievakuasi, sehingga total di sana hampir 1.000 warga.

Kebakaran lainnya, yang telah membakar 3.100 hektar, terjadi di sepanjang pantai Atlantik dekat dengan “Dune du Pilat” – bukit pasir tertinggi di Eropa – di daerah teluk Arcachon, di atasnya awan tebal asap hitam terlihat naik ke langit.

Sekitar 6.000 orang dievakuasi dari sekitar tempat perkemahan pada Rabu, dan 4.000 orang lainnya pada Kamis pagi.

Tiga rumah dan dua restoran hancur semalam di daerah itu, kata pihak berwenang.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co