Kenaikan Gaji Polri, Kesejahteraan Anggota Polri Perlu di Perhatikan Negara

ZONATALK.com – Anggota Komisi III DPR RI Santoso menilai wajar kenaikan anggota Polri setiap tahunnya. Ia menuturkan, hal ini sesuai sistem penganggaran dalam APBN.

“Bahwa kenaikan gaji bagi Polri naik setiap tahun, sama seperti TNI dan ASN dalam sistem anggaran kita melalui APBN,” kata Santoso kepada wartawan, Rabu (16/2/2022).

Menurut dia, kesejahteraan anggota Polri perlu di perhatikan negara. Sebab tuagas yang diemban korps Bhayangkara menjadi garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Namun bahwa para bhayangkara Polri yang bertugas di garda terdepan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban perlu mendapatkan perhatian dari negara, agar kesejahteraan mereka perlu di perhatikan,” ujar politikus Demokrat ini.

Meski begitu, Santoso mengakui kenaikan gaji secara signifikan belum tepat dalam kondisi saat ini. Sebab pemerintah masih menghadapi pandemi Covid-19.

“Kenaikan gaji secara signifikan dalam situasi saat ini belum tepat,” katanya.

Baca Juga; Satu Periode lagi : Dorongan Dari Masyarakat Untuk Joko Widodo

Diusulkan Kenaikan Gaji Anggota Polri

Sebelumnya, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyadari bahwa banyak masyarakat yang melihat ada polisi bergaya bermewah-mewahan. Namun, perlu dicatat, banyak juga yang masih perlu di beri perhatian.

Karenanya, penting negara memerhatikan kesejahteraan polisi sekarang ini.

“Kami berharap kesejahteraan polisi di tingkatkan. Setidaknya ada kenaikan tunjangan bagi polisi di Papua atau di perbatasan negara. Biaya hidup di sana mahal tapi tunjangannya tidak sesuai,” kata Poengky.

Baca Juga; Polisi di Begal, Ini Tampang Remaja Pelaku Pembegalan di Bekasi

Meski ada keinginan untuk menaikan gaji polisi, Direktur Eksekutif The Hoegeng Institute, Arief Dwi Prasetyo mengatakan, perlu ada kajian terlebih sekarang ini masih dalam pandemi Covid-19, di mana ekonomi juga terdampak.

Karena itu, dia mengingatkan penting untuk polisi meneladani sikap mantan Kapolri Hoegeng yang biasa hidup sederhana. Buatnya, tugas polisi adalah tugas yang mulia meski tidak bisa memberikan penghasilan yang besar.

Sumber : https://www.liputan6.com/