Korea Utara Ambil Langkah Pemberantasan Covid-19 dan Pencegahan Wabah Lain – ZonaTalk


Berita Baru, Internasional – Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan bahwa Korea Utara tengah mengambil langkah-langkah untuk memberantas COVID-19 dan mencegah munculnya wabah lain, seperti cacar monyet.

Sebagai bagian dari tindakan darurat kontra-epidemi, Korea Utara melakukan uji coba air secara teratur dan orang-orang dilarang melakukan kontak dekat dengan hewan liar.

Menurut KCNA, sistem pengujian jarak jauh khusus sedang dikembangkan untuk membantu mendiagnosis virus corona dan penyakit lain, seperti monkeypox.

Pada hari Rabu, seperti dilansir dari Sputnik News, Korea Selatan melaporkan kasus cacar monyet pertamanya: pasien adalah warga negara Korea Selatan yang kembali ke negara itu dari Jerman pada 21 Juni. Korea Utara sejauh ini belum melaporkan kasus cacar monyet.

Virus cacar monyet tidak mudah menular dan menyebar melalui kontak fisik yang dekat, termasuk kontak seksual, dengan individu yang terinfeksi. Cacar monyet adalah penyakit zoonosis (penyebaran antara hewan dan manusia). Ini berasal dari hewan seperti hewan pengerat dan primata dan terjadi di bagian terpencil Afrika Tengah dan Barat.

Menurut Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, sebagai bagian dari wabah saat ini, lebih dari 3.200 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 48 negara berbeda. Ada juga satu kematian akibat virus tersebut.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co