Kepiting Lemburi Sangat Empuk Bisa di Santap Bersama Cangkangnya

ZONATALK.com – Anda penikmat makanan khususnya seafood? apakah anda mengetahui kuliner Kepiting Lemburi? jika belum, mari simak. Tentu sudah banyak yang pernah memakan yang namanya kepiting. Akan tetapi, kadang ada yang merasa repot memakan cangkang kepiting yg keras serta butuh usaha buat menyisil dagingnya. Nah, ada kepiting yang tidak perlu wajib membuka cangkang buat menyantapnya. Bahkan mampu di makan sekalian cangkang-cangkangnya.

Lho kok bisa ya?

Ya bisa lah. Namanya kepiting lemburi. Yaitu kepiting yg sedang mengawali proses alami berganti cangkang. sehingga cangkang mudanya masih sangat lunak. Kepiting lemburi jumlahnya sangat terbatas baik pada pantai maupun pada tambak.

Baca Juga: Kuliner Tahu Tek Sangat Lezat Berada Di Kota Solo

Di Kota Semarang, ada beberapa rumah makan yg selalu menyediakan sajian kepiting lemburi. Lokasinya pada tempat pertambakan Tawang Mas Semarang Barat. gugusan kedai tadi menempati areal tambak. diantaranya tempat tinggal makan Tanjung laut dan Kampung laut.

“Cara memasak kepiting lemburi ini beda menggunakan kepiting lainnya. karena kan kulit cangkangnya lunak, maka tak mampu eksklusif di goreng atau di rebus begitu saja. wajib dimasak menggunakan bahan penguat seperti tepung berbumbu sebagai akibatnya daging dan kulitnya permanen utuh,” istilah Bu Lukas pengelola rumah makan seafood pada kawasan Tawang Mas Semarang.

Baca Juga: Siomai Varian Baru, Kreativitas Masyarakat Kota Surabaya

Kuliner Kepiting Lemburi Sangat Empuk

Kepiting yg sudah di bersihkan kemudian di campur bumbu tepung serta telur ayam. setelah itu di guling-guling supaya tercampur, baru kemudian di goreng sampai matang.

Tekstur daging kepiting lemburi lebih lembut di banding kepiting yg sudah bercangkang keras. Baunya jua tidak begitu amis seperti kepiting umumnya. Hidangan ini sangat cocok bagi mereka yg gak mau repot menggunakan kerasnya cangkang kepiting, terutama orang tua.

“Iya, kan tinggal di makan saja, tidak perlu menggigit cangkang. dan bumbu-bumbunya pula lebih meresap,” jelasnya.

Kepiting lemburi nikmat di santap dengan saos pedas cantik. Ada jua yg menjadikannya sebagai lauk beserta nasi hangat dan cah sayuran.

“seperti tak sedang makan kepiting, akan tetapi rasa kepitingnya bertenaga. Serta terdapat kulit cangkangnya yang bagian capit itu kemripik renyah. Dan ini, tepungnya jua kriuk dan legit,” kata Viki, pecinta kuliner berasal Semarang yg suka berburu seafood.

Karena langkanya kepiting lemburi, maka harganya pun cukup lebih mahal di banding kepiting biasa. Tapi, sebab ukurannya jua tidak terlalu besar , maka harganya masih bisa terjangkau. Harga seporsi kepiting lemburi di rumah makan yg berada di daerah pertambakan Tawang Mas Semarang ini Rp 70 ribu.