Menkeu Habiskan Anggaran US$45,9 Miliar Untuk Pulihkan Ekonomi RI 2021

ZONATALK.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah Indonesia telah menghabiskan lebih kurang 45,9 miliar dolar AS atau 23,6 % asal total pengeluaran tahun 2021 buat pemulihan ekonomi. Ia mengatakan upaya pemerintah menangani COVID-19 yg menghabiskan 45,9 miliar dolar AS akhirnya berhasil mendorong ekonomi Indonesia tumbuh positif sepanjang 2021 sehabis pada 2020 terkontraksi dua,07 persen.

“Alhasil pada 2021 ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 3,65 %. Ini selesainya kontraksi di 2020 sebesar 2,07 %,” ucapnya pada rencana G20 di Jakarta, Rabu (16/2).

Baca Juga: Pemerintah Menyerap Uang Hingga Rp23 Triliun Dari Lelang

Menurutnya, momentum pemulihan telah terjadi pada seluruh sektor baik dari sisi produksi, penawaran juga sisi permintaan sekaligus ekspor yg sangat di dorong sang pemulihan global.

Pertumbuhan yg kuat pula terjadi pada sektor-sektor yang sangat penting mirip manufaktur. Perdagangan dan pertambangan dampak kenaikan harga komoditas bahkan output perekonomian Indonesia telah melampaui level sebelum pandemi.

Sri Mulyani menegaskan aneka macam perkembangan positif tersebut menjadikan Indonesia menjadi keliru satu negara berkembang dengan pemulihan yang cepat.

“Pencapaian ini sebab basis pemulihan selama pandemi, kali ini jauh lebih cepat Jika di bandingkan dengan pengalaman Indonesia sendiri selama krisis keuangan 1997-1998,” jelasnya.

Baca Juga: Investasi UMKM Kota Batam, Rp76 Miliar Akan di Gelontarkan

Meski demikian, ia memastikan pemerintah akan permanen memakai kebijakan secara efektif. Karena proses pemulihan masih terus berlanjut serta perlu dukungan dari sisi fiskal.

“Bagi kami ini merupakan akibat yg sangat baik dari sisi ekonomi dan kebijakan yang kami pelajari berasal pengalaman. Kami percepat agar kami bisa menavigasi implikasi kompleksitas pandemi dan prospek pemulihan,” pungkasnya.

Sumber : https://www.tvonenews.com/