Miliki Asuransi Mobil Murah Terbaik, Ini Rekomendasinya – ZonaTalk


Berita Baru – Memiliki asuransi mobil dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara. Pasalnya, tak ada yang tahu kapan risiko di jalan bisa terjadi yang berujung kepada kita harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perbaikan di bengkel.

Untuk Anda yang belum memiliki produk proteksi satu ini, sebaiknya memilih asuransi mobil terbaik dan termurah.

Di Indonesia, ada banyak pilihan asuransi kendaran yang tersedia. Rangkuman daftar asuransi terbaik versi Lifepal bisa menjadi pilihan asuransi mobil dan kendaraan terbaik di tahun 2022 ini!

Namun, sebelum mengetahuinya, Anda harus memahami dulu besaran premi asuransi mobil yang akan dibayarkan setiap tahunnya.

Jenis asuransi mobil

Kamu perlu mengetahui bahwa ada dua jenis asuransi mobil murah yang bisa dipilih, yaitu all risk dan TLO. Apa perbedaan antara kedua jenis asuransi kendaraan ini? Berikut penjelasannya.

1. Asuransi all risk

Sesuai namanya, asuransi mobil all risk memberikan perlindungan untuk semua risiko yang menimpa mobil kita.

Asuransi mobil all risk tidak memandang persentase kerusakan yang dialami mobil. Baik kecil maupun besar, biaya perbaikan atas kerusakan akan ditanggung perusahaan asuransi.

Asuransi yang sering disebut asuransi comprehensive ini memberikan beberapa perluasan jaminan, seperti kasus banjir, huru-hara, dan perlindungan lainnya.

2. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil TLO memberikan jaminan ketika mobil yang diasuransikan hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan di atas 75%.

Jasa asuransi tidak akan menanggung jika mobil mengalami kerusakan di bawah 75 persen. Kerusakan di atas 75 persen diasumsikan bahwa kerusakan yang terjadi membuat mobil tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Nah, untuk yang mencari asuransi kendaraan murah, kebanyakan akan menggunakan jenis asuransi Total Loss Only karena preminya ini jauh lebih murah dari asuransi all risk.

Tips memilih asuransi mobil

Ada beberapa tips untuk bisa memilih produk asuransi mobil paling bagus untuk kamu. Singkatnya, berikut adalah empat faktor utama yang harus dipikirkan saat memilih asuransi mobil.

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai

Pilih asuransi yang lebih sesuai untuk mobilmu, All Risk atau Total Loss Only (TLO). Usia kendaraan juga memengaruhi ketersediaan pilihan polis asuransi.

Secara umum, asuransi All Risk batasnya adalah usia mobil 10 tahun, sedangkan untuk TLO bisa hingga 15 tahun. Hanya saja, aturan ini dapat berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi.

Kedua asuransi ini sebenarnya bisa juga digabungkan untuk mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Ini disebut dengan asuransi mobil kombinasi.

2. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas tepercaya

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang kredibilitasnya baik. Salah satunya bisa dari kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Ini bisa dilihat dari RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi yang minimal nilainya adalah 120% untuk dianggap sehat.

Anda juga bisa melihat dari review yang diterima oleh perusahaan tersebut karena penilaian dari pelanggan memang jadi salah satu indikator termudah untuk menilai suatu produk.

3. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Jika saat memilih asuransi kesehatan kamu harus mencari yang rumah sakit rekanannya banyak, ketika memilih asuransi mobil tentu harus pilih yang bengkel rekanannya luas.

Semakin banyak bengkel rekanan maka proses klaim akan semakin mudah. Lebih cepat juga mobilmu dapat ditangani.

4. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Harga premi yang beragam juga disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh. Jangan pilih asal murah, tapi pastikan dulu apakah manfaatnya sudah memenuhi kebutuhan.

Anda juga bisa menambahkan rider atau manfaat pada setiap polis asuransi jika memang membutuhkannya.

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Berikut adalah rekomendasi asuransi mobil terbaik tahun 2022:

1. Asuransi mobil Sinarmas

Sinarmas  memiliki produk unggulan bernama Simasnet, yang bisa melakukan klaim langsung ke bengkel authorized apabila terjadi kerusakan pada mobil yang kita asuransikan.

2. Asuransi Garda Oto

Garda Oto masih memberikan pelayanan terbaiknya dengan menghadirkan berbagai jenis asuransi mobil, seperti All Risk, TLO, tanggung jawab pihak ketiga, dan perluasan huru-hara serta bencana alam.

3. Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera adalah anak perusahaan dari Jasaraharja, yang menyediakan layanan asuransi mobil terbaik.

Ada Jasaraharja Putera ASTOR (Asuransi Kendaraan Bermotor) yang memiliki dua pertanggungan yaitu TLO dan All Risk.

Semuanya memiliki biaya premi yang tergolong lebih murah dibandingkan perusahaan asuransi lainnya.

4. Asuransi Adira (Autocillin Auto Insurance)

Asuransi mobil yang diberikan Adira tak perlu diragukan lagi, karena kita akan mendapatkan layanan terbaik ketika terjadi kerusakan pada mobil yang kita miliki.

5. AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance menyediakan layanan Smart Drive yang memberikan jaminan terhadap kehilangan kunci kendaraan dan perlindungan terhadap kerugian total ketika mobil terjadi kecelakaan ataupun dicuri oleh supir pribadi.

6. Asuransi ACA Otomate

Asuransi mobil ini adalah memberikan layanan mobil pengganti yang membuat kamu tetap bisa beraktivitas ketika mobil sedang diperbaiki di bengkel.

Selain itu, tersedia pula fasilitas Roadside Assistance yang akan membantu memperbaiki kerusakan mobil langsung di lokasi.

7. Asuransi Allianz Utama Indonesia

Allianz punya produk MobilKu yang menyediakan tiga paket komprehensif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari paket Allianz MobilKu Grand,  yang memberikan solusi perlindungan kendaraan paling lengkap terhadap kerusakan ataupun pencurian.



ZONATALK

Sumber : beritabaru.co