Momen Langka, Potret Diri Tersembunyi Van Gogh Ditemukan di Balik Lukisan Lain – ZonaTalk


Berita Baru, Edinburg – Sebuah lukisan yang kemungkinan merupakan potret diri Vincent van Gogh ditemukan oleh Galeri Nasional Skotlandia, menurut lembaga Edinburgh, padahal dulunya potret itu tidak diketahui.

Potret itu ditemukan di bagian belakang kanvas karya pasca-Impresionis Belanda tahun 1885 “Head of a Peasant Woman”, yang dilapisi lapisan lem dan karton.

Potret itu memperlihatkan seorang lelaki berjanggut hitam dengan topi bertepi dengan syal diikat longgar di leher.

Telinga kirinya, yang dipotong oleh Van Gogh pada tahun 1888 setelah kemarahannya berkobar dengan Paul Gauguin, terlihat jelas.

Kurator senior seni Prancis di Galeri Nasional Skotlandia, Profesor Frances Fowle mengatakan bahwa “momen seperti ini sangat langka”.

“Kami telah menemukan sebuah karya yang tidak diketahui oleh Vincent van Gogh, salah satu seniman paling penting dan populer di dunia. Sungguh hadiah yang luar biasa untuk Skotlandia, dan yang akan selamanya berada dalam perawatan Galeri Nasional,” katanya, dikutip dari Reuters.

Pengunjung akan dapat melihatnya di pameran yang akan datang antara 30 Juli dan 13 November sebagai gambar sinar-X melalui kotak cahaya yang dirancang khusus.

Dalam waktu yang lama, kurator bekerja untuk mengekstraknya dengan aman dari kanvas overlay tanpa merusak lukisan.

Sementara itu, seorang konservator lukisan senior di Galeri Nasional, Lesley Stevenson mengatakan mereka “sangat senang” dengan penemuan itu.

“Ini adalah penemuan yang signifikan karena menambah apa yang sudah kita ketahui tentang kehidupan van Gogh,” katanya.

“Ada banyak hal yang harus dipikirkan sehubungan dengan langkah selanjutnya, tetapi bagi kami, ini adalah bongkahan kecil lain untuk membuat kami sedikit lebih dekat dengan artis yang luar biasa.”

Van Gogh dikenal karena menggunakan kembali kanvas untuk menghemat uang dengan memutarnya dan mengerjakan sisi yang berlawanan.

Kurator percaya lukisan itu adalah salah satu dari serangkaian potret diri eksperimental. Lima karya serupa dipajang di Museum Van Gogh di Amsterdam, dilukis sebelum ia pindah ke Paris pada tahun 1886.

Mungkin sekitar tahun 1905, ketika lukisan Peasant Woman dipinjamkan ke sebuah pameran di Museum Stedelijk di Amsterdam, keputusan dibuat untuk menempelkan kanvas di atas karton sebelum dibingkai.

Pada tanggal ini, Peasant Woman ternyata dianggap lebih lengkap daripada potret diri Van Gogh, kata Galeri Nasional Skotlandia dalam siaran pers.

Lukisan itu berpindah tangan beberapa kali dan pada tahun 1923 diakuisisi oleh Evelyn St Croix Fleming, yang putranya, Ian, menjadi pencipta James Bond.

Pada tahun 1951, ia datang ke Skotlandia, setelah memasuki koleksi Alexander dan Rosalind Maitland.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co