MotoGP 2022 Akan Sumbang Ekonomi Lokal Hingga Rp500 Miliar

ZONATALK.com – Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan memberi sumbangan pada ekonomi lokal sebanyak Rp500 miliar.

“berdasarkan perhitungan kami, perhelatan ini jua telah membangun 11 ribu lapangan kerja selama tes pramusim,” ucapnya pada Side Event G20 Indonesia pada Jakarta, Senin.

Baca Juga; Update Kasus Positif Covid-19 di Indonesia, Tembus Hingga 57.000 Orang Lebih

Buat bulan selanjutnya, terutama saat perhelatan final, nilai ekonomi lokal tersebut tentunya akan semakin bertambah. Bahkan, dia memperkirakan pertambahan lapangan kerja akan mencapai 50 ribu di beberapa sektor tertentu dari seluruh rangkaian MotoGP 2022.

“Kami pula percaya akan ada dampak berkelanjutan di 10 sektor prioritas pariwisata berkat kegiatan ini,” tuturnya.

Selain itu, Sandiaga menilai peningkatan ekonomi berkat MotoGP 2022 tidak hanya akan berdampak pada Lombok, tetapi juga NTB dan sekitarnya. Sejauh ini, tes pramusim MotoGP 2022 berjalan dengan sangat baik meski terdapat beberapa hal yang harus ditingkatkan. Khususnya asal sisi trek serta beberapa persiapan akomodasi.

“namun, selebihnya berjalan menggunakan lancar serta kami sangat suka karena aktivitas MotoGP ini turut membantu mendorong pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Baca Juga; Investasi UMKM Kota Batam, Rp76 Miliar Akan di Gelontarkan

Selain MotoGP, beliau menyampaikan kawasan Ekonomi spesifik Mandalika nantinya jua akan berpartisipasi dalam Side Event G20. Khususnya terkait fokus pengembangan berkelanjutan pada sektor pariwisata.