Nyala Si Jago Merah Menerjang Hutan Yunani, Ratusan Orang Dievakuasi – ZonaTalk


Berita Baru, Athena – Pada Rabu (20/7), ratusan petugas pemadam kebakaran berupaya keras menjinakkan nyala Si Jago Merah menerjang hutan Yunani di pegunungan dekat Athena yang melahap rumah dan mobil hingga memaksa ratusan orang dievakuasi.

Pihak berwenang telah memerintahkan evakuasi sembilan distrik, termasuk distrik Pallini dan Gerakas.

Satu rumah sakit dan Observatorium Nasional Athena juga dievakuasi ketika polisi membantu sedikitnya 600 orang melarikan diri dari daerah yang dilanda amukan si jago merah.

Pihak berwenang menjelaskan bahwa kebakaran hutan terjadi sekitar 14:30 GMT pada hari Selasa (19/7), sekitar 27 km (16 mil) utara ibukota Atena dan masih menyala di beberapa bagian.

Asap mengepul terlihat dari pulau Evia sekitar 50 km jauhnya. Sembilan pemukiman dan sebuah rumah sakit dilaporkan telah dievakuasi.

Angin kencang dan asap tebal di wilayah Penteli menghalangi upaya pemadaman kebakaran dari udara dan di darat, kata pihak berwenang. Angin kencang diperkirakan akan berlangsung hingga Rabu (20/7) sore waktu setempat.

Wilayah Penteli tercatat pernah mengalami kebakaran hutan pada Juli 2018. Kebakaran hutan besar pada 1995 dan 1998 telah menghanguskan lebih dari 13.000 hektar.

Petugas pemadam kebakaran menemukan mayat seorang pria berusia 84 tahun yang meninggal karena luka tembak, kata polisi.

Seorang juru bicara pemadam kebakaran mengatakan luka-luka itu tampaknya disebabkan oleh diri sendiri tetapi insiden itu sedang diselidiki.

Ambulans membawa tiga orang lainnya ke rumah sakit dengan masalah pernapasan dan luka bakar ringan, kata pihak berwenang.

Sekitar 485 petugas pemadam kebakaran dan 120 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Sembilan pesawat dan 10 helikopter membuang air ke kobaran api pada hari Rabu.

“Ada sejumlah rumah dan bisnis yang hancur. Kami akan menghitung lebih jelas besok,” Thanasis Zoutsos, walikota Pallini, di pinggiran Athena mengatakan kepada ERT TV pemerintah, dikutip dari Reuters.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi, juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Yiannis Artopios menggambarkan Selasa malam itu sebagai “malam yang sulit,” karena kecepatan angin melebihi 80 kilometer per jam, terus berubah arah hingga menyulitkan petugas menjinakkan si jago merah.

Tahun lalu, kebakaran hutan merusak sekitar 300.000 hektar hutan dan semak belukar di berbagai bagian Yunani saat negara itu mengalami gelombang panas terburuk dalam 30 tahun.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co