Otoritas China Luncurkan Penyelidikan Basis Data Akademik CNKI – ZonaTalk


Berita Baru – Otoritas keamanan internet China telah meluncurkan penyelidikan terhadap Infrastruktur Pengetahuan Nasional China (CNKI), sekitar sebulan setelah regulator pasar menargetkan database akademik online dengan penyelidikan antimonopoli.

Dilansir dari Reuters, Administrasi Cyberspace China mengatakan di situs webnya penyelidikan itu ditujukan untuk “mencegah risiko keamanan data nasional, melindungi keamanan nasional dan menjaga kepentingan publik” dan mengatakan telah memanggil manajemen CNKI untuk pertemuan.

Investigasi kedua yang berpusat pada CNKI hanya dalam waktu sebulan menjadikan database salah satu target profil tertinggi oleh regulator tahun ini sementara Beijing mulai mengurangi tindakan keras peraturannya terhadap sebagian besar platform internet lainnya.

Sebelumnya pada 13 Mei, regulator pasar China, Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar meluncurkan penyelidikan antimonopoli terhadap CNKI.

CNKI berada di bawah pengawasan pada bulan April setelah media lokal melaporkan kelompok penelitian top China yaitu Akademi Ilmu Pengetahuan China, mengatakan akan menangguhkan penggunaan CNKI, dengan alasan biaya berlangganan yang tinggi.

Perusahaan induk CNKI adalah Tsinghua Tongfang, sebuah perusahaan perangkat lunak milik negara yang terkait dengan Universitas elit China Tsinghua.

CNKI mengatakan di situs webnya bahwa pada akhir 2017 ia memiliki pembaca terbesar di dunia untuk penelitian akademis, dengan lebih dari 20 juta pengguna individu dan volume pengambilan harian rata-rata lebih dari 10 juta.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co