Panel Listrik Tenaga Surya, Begini Cara Kerjanya – ZonaTalk


Berita Baru, Tips – Panel listrik tenaga surya atau yang sering disebut sebagai panel surya adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Panel listrik tenaga surya terdiri dari sejumlah sel surya yang terpasang pada sebuah panel atau kotak kaca yang terpapar sinar matahari. Sel surya merupakan komponen utama dari panel surya yang bertugas mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

Proses panel listrik tenaga surya terjadi dengan cara mengabsorpsi sinar matahari yang masuk ke dalam sel surya. Sel surya terdiri dari lapisan-lapisan semi konduktor yang terbuat dari material seperti silikon.

Ketika sinar matahari masuk ke dalam sel surya, elektron-elektron yang terdapat dalam lapisan semi konduktor akan terpisah dari inti atomnya dan menjadi bebas bergerak. Elektron-elektron ini akan mengalir melalui rangkaian listrik yang terdapat pada sel surya, sehingga menghasilkan arus listrik.

Setelah dihasilkan, arus listrik yang dihasilkan dari sel surya akan dikirim ke inverter. Inverter adalah sebuah alat yang bertugas mengubah arus listrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Direct Current) atau sebaliknya. Arus listrik DC ini kemudian akan disimpan dalam baterai sebagai cadangan listrik.

Bila diperlukan, arus listrik DC ini dapat dikonversi kembali menjadi arus listrik AC melalui inverter untuk digunakan pada peralatan rumah tangga atau industri. Kapasitas panel surya dapat ditentukan berdasarkan jumlah sel surya yang terpasang pada panel tersebut.

Semakin banyak sel surya yang terpasang, maka semakin besar kapasitas panel surya tersebut. Selain itu, lokasi instalasi panel surya juga mempengaruhi kapasitas panel tersebut.

Panel surya yang terpasang di daerah dengan sinar matahari yang lebih terang akan menghasilkan energi listrik yang lebih besar dibandingkan dengan panel surya yang terpasang di daerah dengan sinar matahari yang kurang terang.

Dengan menggunakan panel listrik tenaga surya, kita dapat memanfaatkan energi matahari secara efisien untuk menghasilkan energi listrik. Selain itu, panel surya juga merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca.



ZONATALK

Sumber : beritabaru.co