Pelaku Kekerasan dan Penelantaran Anak Dibekuk Polisi di Denpasar – ZonaTalk


bvn4

Tersangka pelaku kekerasan terhadap anak diamankan polisi.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Polisi akhirnya berhasil mengungkap penelantaran anak yang terjadi di daerah Sidakarya Denpasar Selatan dan di Jalan Bedugul tepatnya di depan Kios Massage Desa Sidakarya Denpasar Selatan, Selasa (19/7) dari sekitar pukul 00.30 wita sampai pukul 05.00 Wita.

Adapun inisial korban NY (5) perempuan, dengan identitas pelaku, Dwi Novita Murni (33), Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, alamat tinggal Jalan Kertadalem Sari II No. 8 Sidakarya, Denpasar Selatan dan Yohanes Paulus Maniek Putra alamat tinggal Jalan Kertadalem Sari II No.8 Sidakarya, Denpasar.

Kronologis kejadian disampaikan Kasi Humas Polresta Denpasar, Iptu. I Ketut Sukadi. Dalam keterangan tertulisnya Kasi Humas menyampaikan, awalnya pada Selasa (19/7) sekitar pukul 00.30 wita tersangka Yohanes Paulus Manek Putra ingin membangunkan korban untuk pipis dan makan. Tetapi saat itu, korban berpura-pura tidur dan tidak bangun-bangun.

Hal ini membuat tersangka marah dan melakukan kekerasan dengan cara menampar pipi kanan dan kiri dengan tangan kanan terbuka. Kemudian korban direndam di ember warna hitam dan ditenggelamkan sampai telungkup. Setelah itu korban dibanting di kasur, menyuruh korban lari bolak-balik di dalam kamar tetapi sambil didorong

Selain itu, korban disuruh push up dan bergaya kuda-kuda (bediri setengah jongkok) sampai kecapean. Selanjutnya payudara kanan digigit satu kali, perutnya dipukul dua kali, menjambak rambut, dan melipat kaki kanan dan kiri ke belakang punggu sampai paha kanannya patah.

Pada saat tersangka Yohanes Paulus Manek Putra melakukan kekerasan terhadap korban, tersangka Dwi Novita Murni membiarkan tersangka Yohanes Paulus Manek Putra melakukan kekerasan tersebut dan hanya menonton. Selanjutnya sekitar pukul 05.00 wita kedua tersangka membawa korban ke Jalan Bedugul serta meninggalkannya di depan kios massage sampai ditemukan warga.

“Selanjutnya, sekitar pukul 07.15 wita, korban ditemukan oleh saksi Nyoman Bagia. Setelah ditanya anak tersebut mengaku bernama, NY (inisial),” kata Kasi Humas, Jumat(22/7) di Denpasar.

Saat ditemukan koban mengalami luka lecet, lembab dan pinggulnya mengalami kesakitan, serta diduga mengalami patah paha kanan. Selanjutnya, anak tersebut diamankan di rumah perbekel di Jalan Sidakarya, lalu ditangani oleh Dinas Sosial Kota Denpasar karena mengalami kesakitan pada pinggulnya dan tidak bisa digerakkan. “Oleh BPBD Kota Denpasar lalu anak tersebut diajak ke RSUD Wangaya Denpasar utuk diobati dan mendapatkan penanganan lebih lanjut,” sebutnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan laporan masyarakat terkait kejadian kekerasan terhadap anak disertai penelantaran anak tersebut, Tim Opsnal Polsek Denpasar Selatan dengan berkoordinasi dengan unit PPA Polresta Denpasar mendatangi TKP dan melakukan interogasi terhadap korban dan saksi yang menemukan. “Dari hasil interogasi terhadap korban, diduga pelaku adalah pacar dari ibu korban yang biasa dipanggil Dedi orang Kupang, NTT. Dari petunjuk tersebut, Opsnal melakukan penelusuran diduga tempat tinggal pelaku di seputaran Desa Sidakarya,” paparnya.

Pada Rabu, 20 juli 2022 sekira pukul 10.00 wita Opsnal mendapatkan informasi bahwa, diduga pelaku tinggal di Jalan Kertadalem dan saat dilakukan penyelidikan kedua pelaku dapat diamankan di kosnya di Jalan Kertadalem Sari II No.8 Sidakarya. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti diamankan.

Akibat perbuatannya Sukadi menambahkan, pelaku dijerat pasal tindak kekerasan terhadap anak di bawah umur dan penelantaran terhadap anak, sebagaimana dimaksud dalam pasal 76 C jo Pasal 80 dan Pasal 76B Jo 77B UU RI No 17 Tahun 2016 Tentang penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU No.1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas UU No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak. (bvn4)

The post Pelaku Kekerasan dan Penelantaran Anak Dibekuk Polisi di Denpasar first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com