Pembelian BBM Bersubsidi Melalui Aplikasi MyPertamina Berlaku Mulai 1 Juli – ZonaTalk


Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juli Mendatang

Berita Baru, Jakarta – PT Pertamina (Persero) meminta masyarakat untuk membuat akun, sekaligus mendaftarkan diri ke laman MyPertamina mulai 1 Juli mendatang. Hal itu dimaksudkan untuk menyaring konsumen yang berhak memperoleh BBM bersubsidi, yakni pertalite dan solar.

Adapun registrainya bisa melalui Aplikasi MyPertamina atau melalui laman https://subsiditepat.mypertamina.id/. Para pengguna akan diminta mengunggah data kendaraan beserta identitasnya.

Setelahnya, pengguna akan mendapat notifikasi melalui surel yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan berhak membeli Pertalite dan Solar.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, penyaluran BBM bersubsidi dengan skema digital tertutup ini dinilai bisa mempermudah pemerintah mengenali siapa saja konsumen yang berhak menerima Pertalite dan Solar.

“Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna,” kata Alfian dalam siaran pers, Senin (27/6). Adapun ujicoba awal program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran ini akan dilakukan di 5 provinsi antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Sebagai BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite diatur oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas nomor 4 tahun 2020. Adapun poin yang diatur yakni sisi kuota dan segmentasi penggunanya.

Dijelaskan, bahwa segmentasi pengguna jenis BBM Pertalite masih terlalu luas sehingga diperlukan upaya pembatasan penyaluran. Pembatasan distribusi diharap dapat berdampak pada menurunnya beban subsidi yang ditanggung oleh pemerintah.

“Kami harus tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” sambungnya.(AF)



ZONATALK

[ad_3]