Penyebab Kematian Tahanan Polres Cilegon, Ungkapan Propam Polda Banten

ZONATALK.com – Penyidikan dan penyelidikan Penyebab Kematian Tahanan Polres Cilegon (AA) sudah di lakukan serta melibatkan Divisi Profesi dan Pengamanan atau Propam Polda Banten. Polisi berjanji akan profesional, tegas, dan transparan buat mengungkapnya.

“Kita saat ini melakukan penyelidikkan dan penyidikkan. Penyelidikkan pada reskrim, lalu ada pemeriksaan internal. Siapa pun, contohnya nanti terdapat pelakunya, akan kita tindak sesuai hukum yang berlaku,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, Rabu (17/02/2022).

Baku Operasional mekanisme (SOP) perlakuan tahanan juga di lakukan sang Propam Polda Banten. emudian, AKBP Sigit Haryono berharap hasil investigasi internal dan otopsi mampu pada bisa secepatnya, supaya data serta liputan mampu menunjukan siapa yang bertanggung jawab atas meninggalnya AA.

“Kami juga melakukan pemeriksaan secara internal, sang Bidpropam Polda Banten, investigasi terhadap SOP pelaksanaan penangkapan, penahanan, penjagaan, tentu ini paralel. asa saya mampu terperinci, kentara secepatnya,” beliau mengharapkan.

Baca Juga: Polisi di Begal, Ini Tampang Remaja Pelaku Pembegalan di Bekasi

Sigit menerangkan jika AA di tahan Sat Resnarkoba Polres Cilegon sebab memiliki sabu seberat 1 gram. Lalu sehabis di lakukan pemeriksaan sang penyidik, pada hari Selasa, 15 Februari 2022, pukul 15.30 WIB lalu di bawa masuk ke ruang tahanan.

Sebelum masuk ke tahanan Polres Cilegon, AA di periksa dulu kesehatannya, termasuk Covid-19. Setelah di pastikan sehat serta negatif Covid-19, Sat Resnarkoba menyerahkan AA ke petugas tahanan.

Masih pada hari yg sama, lebih kurang pukul 19.00 WIB, Kapolres menerima isu AA jatuh kelenger. AKBP Sigit Haryono memerintahkan personelnya buat segera membawa tahanan itu ke RS Krakatau Medika yg jaraknya dekat menggunakan polres.

“di ketika serah terima Sat Resnarkoba kepada Sat Tahti Polres Cilegon, dalam keadaan sehat, baik serta mengagumkan. Kemudian di masukkan ke pada tahanan,” jelasnya.

Baca Juga: Herry Wirawan Kasus Seksual di Vonis Seumur Hidup

Penyebab Kematian Tahanan Polres Cilegon |Autopsi Akan di Lakukan

Ketika sampai pada RS Krakatau Medika serta di periksa kondisinya oleh dokter di IGD, ternyata AA sudah tidak bernyawa. Polres Cilegon kemudian menghubungi famili korban dan setuju untuk dilakukan autopsi.

Autopsi di lakukan pada RSUD Kota Cilegon di Rabu, 16 Februari 2022 serta terselesaikan sekitar pukul 14.00 WIB. Kapolres berjanji keputusan autopsi akan di beberkan ke publik pada saat dekat, termasuk adanya dugaan kekerasan terhadap AA yg di lakukan oleh tahanan lainnya, di dalam penjara Polres Cilegon.

“karena kami butuh keterangan dokumen forensik untuk persesuaian dengan tahanan lain yang akan kita periksa secara maraton. (Pengeroyokan sang napi) kami masih melakukan investigasi maraton, sehabis itu clear, baru bisa kita sampaikan,” ujarnya.

Sumber : liputan6