Perawatan Secara Berkala, Tips Jaga Kondisi Suspensi dan Ban Mobil

ZONA TALK – Suspensi dan ban menjadi komponen yang memadai perlu untuk menolong performa kendaraan. Dengan begitu, pemilik mobil perlu laksanakan perawatan secara berkala. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimbau costumer laksanakan pengecekan dan pengaturan wheel alignment secara berkala, untuk menegaskan keadaan roda udah cocok dan sebanding antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination.

“Wheel alignment berguna menegaskan stabilitas suspensi kendaraan sehingga bekerja dengan baik dan membuat usia roda lebih awet,” uar Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menurutnya, pas laksanakan pengecekan wheel alignment, yang perlu diperhatikan adalah Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination untuk menegaskan bahwa sudut ban mampu terpasang dengan baik. Pasalnya, hal berikut mampu memengaruhi langkah ban bersentuhan dengan jalan.

“Pentingnya laksanakan pengecekan wheel alignment atau spooring adalah untuk menjauhkan keadaan mobil yang tidak sebanding atau tidak berlangsung lurus dan amat perlu dilaksanakan setidaknya enam bulan sekali,” tegasnya.

Sementara itu, seandainya mobil terkena benturan, kerap lewat jalur yang berlubang, kemudi terasa berat, tidak stabil, roda tidak ulang dengan baik, dan ban mobil cepat aus, maka pemilik kendaraan perlu langsung laksanakan pengecekan di bengkel resmi.

Baca Juga : Perusahaan Vietnam VinGroup Rugi Besar Akibat Penjulan Mobil Bensin Lesu

Perawatan Secara Berkala, Tips Jaga Kondisi Suspensi

Lakukan Hal Ini Biar Ban Mobil Kesayangan Awet

Agar lebih awet, mobil perlu di rawat secara rutin. Bukan hanya soal mesin, ban pun perlu di rawat sehingga nyaman di dalam perjalanan. Perlu di ingat, ban merupakan komponen mobil yang perlu dan perlu di rawat. Setidaknya, kamu perlu memelihara sehingga ban tahan lama. Di lansir liputan6, berikut langkah terbaik rawat ban mobil.

Selalu periksa tekanan angin

Setiap kali mobil di gunakan alangkah baiknya, kamu memeriksa tekanan ban. Apalagi bagi kamu yang selamanya bepergian jauh. Jika angin kurang, kamu perlu menambahkannya.

Pastikan tekanan angin ban sesuai himbauan model mobil mu. Jika di abaikan, ban mobil mampu cepat habis atau botak. Tentu hal itu tidak membuat kamu nyaman di dalam berkendara.

Baca Juga : Hadirkan Mobil Listrik, Kolaborasi Suzuki Dan Toyota

Rotasi ban mobil

Setelah itu, kamu mampu mengecek ban dengan merotasi ban mobil. Dengan hal itu mampu membuat ban awet. Kamu mampu merotasi ban depan dengan ban belakang dengan laksanakan rotasi ban setiap 75 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer.

Selalu periksa kesimbangan ban

Biasanya pas pelayanan rutin, wajibkan untuk laksanakan spooring dan balancing. Hal itu untuk menegaskan keamanan dan kenyamanan pas berkendara. Hindari mempunyai barang yang banyak di mobil.

Sumber : https://www.liputan6.com