Pertimbangan Memilih Asuransi Mobil All Risk atau TLO – ZonaTalk


Berita Baru, Jakarta – Asuransi mobil bisa menjadi elemen pelengkap kepemilikan mobil yang memberi banyak manfaat. Salah satu produk asuransi ini bisa menjadi jaring pengaman bagi pemilik mobil yang tentu saja memiliki beragam risiko.

Pemahaman akan risiko dan bagaimana mengelolanya sekaligus mendapatkan solusi, umumnya menjadi alasan utama bagi pemilik mobil memiliki asuransi mobil.

Ada dua macam asuransi mobil yang umum ditawarkan, yaitu asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO). 

Sesuai dengan namanya, pertanggungan TLO asuransi mobil hanya pada kerusakan berat atau kehilangan kendaraan yang diasuransikan.

Sementara itu, beberapa asuransi mobil All Risk ada di Lifepal dan bisa dijadikan referensi ataupun kesempatan untuk membuat simulasi harga premi dari mobil yang ingin diasuransikan.

Asuransi Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil menjadi proteksi untuk kendaraan kesayangan. Asuransi ini memiliki dua jenis yang umum dipilih, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Pengetahuan dan pemahaman atas masing-masing jenis asuransi mobil bisa memudahkan calon nasabah asuransi untuk memilih agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kebanyakan asuransi mobil memiliki syarat khusus seperti usia mobil yang maksimal hanya 10 tahun saja. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi besarnya premi asuransi mobil seperti tipe atau jenis mobil dan juga daerah domisili pemilik mobil.

Calon nasabah umumnya bisa melakukan simulasi besarnya premi dengan menggunakan informasi mengenai merek dan model mobil, tipe, tahun pembuatan serta area tempat tinggal pemiliknya.

Asuransi Mobil Total Loss Only

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah Total Loss Only atau TLO yang menanggung kerusakan berat. Kerusakan berat ini didefinisikan sebagai kerusakan yang menyebabkan mobil rusak total atau tidak bisa digunakan.

Definisi ini merujuk pada kerusakan yang mencapai lebih dari 75% atau dibutuhkan lebih dari 75% dari nilai mobil tersebut untuk melakukan perbaikan kembali.

Kelebihan utama dari asuransi mobil total loss only adalah harga premi yang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi all risk atau komprehensif. Premi yang terjangkau memungkinkan hampir semua pemilik mobil untuk memiliki asuransi jenis TLO.

Akan tetapi, asuransi ini juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Salah satunya adalah perlindungan pertanggungan atas resiko yang sedikit, yaitu hanya pada kerusakan berat atau total yang menyebabkan mobil tidak bisa digunakan.

Artinya, kerusakan kecil akibat kecelakaan atau kerusakan mesin yang membutuhkan penggantian suku cadang tidak masuk dalam resiko yang menjadi pertanggungan asuransi.

Asuransi mobil Total Loss Only ini memang lebih cocok bagi pemilik mobil yang minim frekuensi penggunaan mobil. Sehingga minim juga ada risiko kerusakan yang berarti bagi mobil yang diasuransikan.

Kepemilikan asuransi bisa menjadi salah satu pilihan memiliki keamanan finansial dan juga psikologis sebagai pemilik sebuah aset berupa mobil.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi All Risk atau komprehensif merupakan pilihan lain yang bisa diambil oleh pemilik mobil yang ingin mengasuransikan aset kendaraan tersebut.

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil All Risk memiliki pertanggunan atas beragam risiko yang hampir mencakup semua risiko kerugian yang mungkin menimpa sebuah mobil.

Kepemilikan asuransi mobil All Risk akan memberikan kesempatan bagi pemilik mobil untuk mendapat uang pertanggungan jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan kecil, sedang, besar bahkan rusak total ataupun hilang selama syarat dan ketentuan berlaku.

Ada beberapa risiko yang umumnya tidak masuk dalam risiko tertanggung seperti kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh anggota keluarga pemegang polis.

Pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung umumnya memiliki jaringan bengkel mitra yang bisa digunakan untuk melakukan perbaikan jika mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan.

Perbaikan di bengkel mitra inilah yang bisa dijadikan klaim untuk mendapatkan uang pertanggungan atas kerugian yang dialami oleh pemilik mobil.

Kelebihan utama dari asuransi mobil All Risk ini tentu saja adalah perlindungan yang kompleks dan lengkap. Kerusakan kecil seperti tergores atau lecet bisa masuk dalam klaim asuransi.

Beberapa produk asuransi mobil all risk bahkan menyediakan layanan berupa derek yang bisa dihubungi 24 jam sebagai solusi mengatasi masalah mobil yang diasuransikan.

Sedangkan kekurangan utama dari asuransi mobil All Risk adalah harga premi yang umumnya tinggi. Semakin besar risiko kerusakan atau besarnya biaya perbaikan seperti harga suku cadang merek tertentu yang mahal akan membuat nilai premi semakin mahal.

Dengan mengatahui hal-hal ini bisa memudahkan calon nasabah dalam memilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuan dalam membayar preminya.



ZONATALK

Sumber : beritabaru.co