Presiden Jokowi dan Menpora Dukung Indonesia Untuk Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Presiden Jokowi dan Menpora Zainudin Amali mendukung PSSI untuk mengajukan Indonesia sebagai tempat rumah penyelenggaraan Piala Asia 2023.

Pada awalnya, Piala Asia 2023 akan berlangsung di China pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023. Karena China masih terkendala Covid-19, mereka menyatakan untuk mengundurkan diri.

Pihak penyelanggara Piala Asia 2023 pun menawarkan kepada negara-negara yang lolos babak kualifikasi untuk menjadi tuan rumah.

“PSSI mengajukan tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah menyetujui dan sampaikan ke PSSI, silakan ikut ajukan jadi host,” ucap Amali pada Selasa (28/6).

Kendati sudah mendapat dukungan dari Menpora dan Presiden, namun belum tentu Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 itu. Saat ini, sudah ada tiga negara yang ikut mengajukan diri, yakni Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

“Hasilnya seperti apa? Kami belum tahu karena Jepang, Korea Selatan, dan Australia juga sudah mengajukan. Kami sudah katakan ke PSSI untuk ikutan. Jadi pemerintah prinsipnya mendukung keinginan PSSI untuk menjadi tuan rumah,” sambungnya.

Politikus Golkar itu menyebut alasan pemerintah menyetujui tak lepas dari kesiapan venue. Apalagi, sebelum Piala Asia, Indonesia lebih dulu menggelar FIFA World Cup 2023 pada 20 Mei-12 Juni tahun depan.

“Kenapa kita setuju karena pelaksanaannya tidak terlalu jauh dari FIFA World Cup U-20, itu kan sekitar 20 Mei – 11 Juni. Nah, ini Juli (pelaksanaannya) jadi kita masih dalam keadaan yang siap infrastrukturny. Kemudian masih ada Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga tidak terlalu sulit untuk kita melaksanakan. Jadi itu jadi poin penting buat kita,” ujar Amali.

“Venuenya tetap (yang Piala Dunia) cuma kalau minta tambah, Piala Dunia venuenya ada enam, ya tambah saja. Itu masalah, poinnya yang sertifikasi FIFA.”

Jika Indonesia berhasil menjadi tuan rumah, maka akan sangat bagus. Sebab, selain melihat secara langsung bintang-bintang sepak bola dari negara lain, namun skuat Garuda juga terlibat secara langsung dalam pertandingan.

“Ini jadi kesempatan yang bagus, kita menjadi peserta, sekaligus tuan rumah. Jadi kita bukan karena tuan rumahnya, tetapi kita menjadi peserta. Syukur-syukur bisa menjadi tuan rumah. Tapi bagi kita main di mana saja tak masalah,” dia mempertegas.

Menurut Menpora asal Gorontalo itu bila rencananya PSSI akan melakukan komunikasi dengan AFC terkait rencana mengajukan diri sebagai host ajang sepakbola tersebut.

“Resminya kan tetap harus federasi. Jadi hari ini mereka akan ke AFC, Wakil Ketum dan Sekjen menyampaikan surat dari PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia,” Amali mengungkapkan.



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co