Profil Lengkap Zidane Iqbal: Calon Bintang Muda Manchester United di Masa Depan – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Zidane Iqbal menjadi salah satu pemain muda Manchester United yang cukup mencolok saat menjalani laga pramusim ini.

Sebagai informasi, Manchester United sudah menjalani empat kali laga pramusim. Tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan dan satu pertandingan lain berakhir imbang.

Laga pramusim tersebut sebenarnya juga menjadi ajang pembuktian bahwa Manchester United di musim depan bakal mengalami perubahan yang drastis.

Di saat yang sama, Ten Hag yang mempunyai reputasi cukup baik dan ahli sebagai sosok pelatih sepak bola, membuat para fans lega bahwa Setan Merah akan kembali menapaki jalan mulus dalam meraih gelar.

Sejak di pegang Ten Hag, mulai muncul nama-nama baru pemain Manchester United yang cukup menyedot perhatian publik. ‘Tangan ajaib’ Ten Hag telah merubah mereka.

Salah satunya adalah Zidane Iqbal. Pemain berusia 19 tahun itu sudah memukau Ten Hag selama latihan pramusim.

Sebagai pemain tengah, Zidane Iqbal adalah kreator serangan tim. Keunggulannya ada pada atribut giringan bola yang sangat bagus dan resistensinya terhadap tekanan juga bagus untuk pemain di usianya.

Peran Zidane Iqbal di lapangan juga sangat berbeda dengan dua gelandang inti Manchester United musim lalu, Scott McTominay dan Fred. Iqbal bisa lebih dinamis dan cenderung ofensif.

Berkat penampilannya itu, kesukaan Ten Hag, dan posisi lowong di tim, Iqbal bisa saja menapaki tim senior dari masa pramusim ini.

Profil Lengkap Zidane Iqbal

Pemain bernama lengkap Zidane Aamar Iqbal ini lahir di Manchester, Inggris, pada 27 April 2003. Gelandang 19 tahun itu memiliki postur tinggi 181 cm, cukup ideal untuk pemain di liga top Eropa.

Menurut data Transfermarkt, meski Zidane Iqbal lahir di Manchester, Inggris, namun ia ternyata memiliki kewarganegaraan ganda yaitu Irak dan Inggris. Akan tetapi, sebagai pesepak bola ia lebih memilih membela Timnas Irak daripada Timnas Inggris.

Zidane Iqbal (istimewa)
Zidane Iqbal (istimewa)

Zidane Iqbal adalah seorang blasteran Irak-Pakistan. Jadi walau lahir di Inggris, Zidane memiliki ayah yang berasal dari Pakistan dan sedangkan ibunya asli Irak.

Sebelum memutuskan bergabung Akademi Manchester United, Zidane Iqbal pernah membela Sale United ketika usianya baru 4 tahun. Sale United merupakan sebuah klub pengembangan pemain usia muda yang berasal dari Crossford Bridge, Sale, Cheshire.

Saat usianya 8 tahun, Zidane Iqbal didorong oleh Sale United untuk masuk ke tim MU junior. Kemudian di sana Zidane terus mengembangkan potensinya sebagai pesepak bola muda hingga menembus tim MU U-23 pada awal Juli 2021.

Bermain di posisi gelandang, Zidane sangat fleksibel. Dia bahkan bisa mengisi dua pos, yakni gelandang serang atau gelandang tengah. Berkat potensinya tersebut, Erik ten Hag pun mengajaknya berlatih bersama skuad senior MU di pramusim kali ini.

Dalam tiga laga uji coba terakhir jelang musim 2022/23, Zidane Iqbal tampil cukup baik bersama The Red Devils. Hal ini yang membuat Ten Hag dikabarkan akan memboyongnya ke skuad utama musim depan.

Menurut Transfermarkt, penampilan Zidane bersama MU U-23 di Premier League 2 (kompetisi untuk pemain muda) 2021/22 hampir tidak pernah tergantikan. Dari total 18 pertandingan selama kompetisi, Zidane selalu tampil di 17 laga bersama MU U-23.

Total 2 gol berhasil ia sumbangkan untuk ‘Setan Merah Muda’ di Premier League 2 2021/22. Meski secara gol kurang produktif, Zidane Iqbal dinilai cukup sukses menjadi ‘roh’ lini tengah permainan bagi MU U-23.

Biodata Zidane Iqbal

  • Nama Lengkap: Zidane Aamar Iqbal
  • Tempat Lahir: Manchester
  • Tanggal Lahir: 27 April 2003 (18 Tahun)
  • Kebangsaan: Iraq U-23
  • Klub: Manchester United
  • Posisi: Gelandang
  • Nomor Punggung: 73
  • Tinggi: 180 cm

Karier Klub Zidane Iqbal

Manchester United (2021 – Sekarang)

Iqbal menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Manchester United pada April 2021. Dia membuat debut tim pertamanya untuk Manchester United pada 8 Desember 2021 sebagai pemain pengganti di menit ke-89 dalam pertandingan Liga Champions melawan Young Boys. Dengan demikian, ia menjadi orang Asia Selatan kelahiran Inggris pertama yang bermain untuk klub.

Karir Internasional Zidane Iqbal

  • Iraq U23 (2021 – Sekarang)
  • Iraq (2022 – Sekarang)

Pada Januari 2022, Iqbal dipanggil ke tim nasional Irak untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Iran dan Lebanon. Dia melakukan debutnya dalam pertandingan melawan Iran pada 27 Januari.

Gaya Bermain

Seorang gelandang dengan banyak bakat, Iqbal bermain dalam peran box-to-box atau nomor 10.



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co