Shin Tae-yong: Timnas Indonesia U-19 Harus Didukung, Bukan Dibully – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Shin Tae-yong meminta agar masyarakat Indonesia mendukung Timnas Indonesia U-19, bukan malah membully.

Shin Tae-yong paham jika perundungan tersebut sebagai bentuk rasa cinta kepada skuat Merah Putih, kendati demikian, lebih baik mendukung karena dapat menumbuhkan mentalitas pemain.

“Soal di-bully, karena masyarakat cinta Timnas Indonesia, tapi ada baiknya beri dukungan penuh daripada bully pemain di medsos,” ujar Shin Tae-yong.

Salah satu pemain yang menjadi sasaran bully netizen adalah Ronaldo Kwateh. Banyak pihak yang mengklaim bahwa Timnas Indonesia U-19 hanya berakhir dengan skor imbang 0-0 saat lawan Vietnam pada Sabtu (2/7) kemarin, karena Ronaldo Kwateh banyak membuang peluang secara sia-sia.

Striker Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (AP Photo)
Striker Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (AP Photo)

Sebagai penyerang, Ronaldo Kwateh dianggap terlalu egois. Bomber Madura United itu juga dinilai banyak membuang peluang.

Pada akhirnya, pasukan Merah Putih tak bisa mengalahkan Vietnam. Skuad Garuda Muda hanya mampu mengakhiri laga dengan skor imbang tanpa gol.

Usai Imbang Lawan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 Bantai Brunei 7-0

Teranyar, Timnas Indonesia U-19 berhasil membantai Brunei Darussalam 7-0 pada matchday kedua Grup A. Ronaldo Kwateh menyumbang satu gol di menit ke-12.

Enam gol anak asuh Shin Tae-yong lainnya dicetak oleh Hokky Caraka (2′, 15′, 19′, 45’+2), Arkhan Fikri (20′), dan Alfriyanto Nico (62′).

Pada matchday ketiga, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan akan menghadapi Thailand. Laga tersebut bakal digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7) malam WIB.

Dua hari kemudian, Garuda Muda akan bersua Filipina. Setelah itu, Skuad Garuda Muda bakal berhadapan dengan Myanmar di laga pamungkas Grup A pada 10 Juli 2022.

Hokky Caraka, pemain Timnas U-19 yang direkrut dari PSS Sleman (foto: istimewa)
Hokky Caraka, pemain Timnas U-19 yang direkrut dari PSS Sleman (foto: istimewa)

Posisi Klasemen Timnas Indonesia U-19

Kemenangan telak atas Brunei Darussalam membuat Timnas Indonesia U-19 kini bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup A. Skuad Garuda Muda naik dua peringkat dari ranking keempat.

Pasukan Shin Tae-yong itu mendulang empat poin dari dua laga. Timnas Indonesia U-19 tertinggal dua angka dari pemuncak klasemen sementara, Thailand.

Posisi ketiga diisi oleh Vietnam yang mengoleksi empat poin, disusul Myanmar dengan tiga angka, dan Filipina serta Brunei Darussalam yang belum mengantungi angka.



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co