Spanyol Pimpin Perlombaan Pendanaan Pandemi Uni Eropa – ZonaTalk


Berita Baru – Spanyol menjadi negara Uni Eropa pertama yang menerima tahap pertama dana pemulihan pandemi, pada Senin (27/6/22).

Negara tersebut juga menjadi yang pertama mendapatkan persetujuan Komisi Eropa untuk angsuran kedua senilai 12 miliar euro (12,7 miliar dolar).

Eksekutif UE dan Komisi Eropa,sejauh ini menyetujui tujuan dan reformasi Spanyol, tetapi mengatakan dana pensiun yang akan dinilai pada akhir 2022 dapat meningkatkan belanja publik secara besar-besaran.

“Risiko kesenjangan fiskal yang signifikan yang muncul dari langkah-langkah yang diadopsi perlu ditangani untuk memastikan pemenuhan pencapaian yang memuaskan,” katanya, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Di Spanyol, bisnis mengeluhkan bahwa pendanaan lambat mengalir karena banyak lapisan persetujuan yang diperlukan bahkan ketika tujuan keseluruhan telah tercapai dengan cepat.

Untuk lolos ke putaran kedua pendanaan, Spanyol harus memenuhi 31 tonggak dan sembilan target, termasuk reformasi pensiun publik, yang telah kembali dikaitkan dengan inflasi agar pensiunan tidak kehilangan daya beli.

Secara keseluruhan, Spanyol diperkirakan akan menerima setidaknya 70 miliar euro dari paket pemulihan 750 miliar euro Uni Eropa. Dengan pengalihan tahap kedua, 45% dari total rencana untuk Spanyol akan dicairkan, termasuk 9 miliar euro yang diterima sebagai pra-pembiayaan pada Agustus 2021.

Untuk menerima total dana yang tersisa, Madrid membutuhkan Brussels untuk menyetujui proposal reformasi pensiun terakhirnya. Seorang juru bicara Kementerian Jaminan Sosial Spanyol mengatakan setiap perbedaan hanya teknis.

Mugi Halalia



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co