Survei Indonesia: Prabowo – Puan Jadi Pasangan Terkuat Capres-Cawapres

ZONATALK.com – Survei New Indonesia Research & Consulting merilis akibat temuannya. Disebutkan bahwa ketua umum Partai Gerindra Prabowo unggul dalam bursa calon presiden menuju Pemilu 2024. lalu siapakah figur calon Wakil Presiden yang paling layak mendampingi Prabowo?

Beserta dua capres terkuat lainnya yaitu Anies Baswedan serta Ganjar Pranowo, di lakukan simulasi terhadap sosok-sosok perempuan yang kerap meramaikan bursa capres. Selain Puan, figur lainnya ialah Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa.

Hasilnya, Prabowo meraih elektabilitas tertinggi pada setiap simulasi, baik berpasangan dengan Puan, Risma, maupun Khofifah. Elektabilitas tertinggi di raih pasangan Prabowo-Puan, yaitu mencapai 55,4 persen.

Baca Juga: Pemerintah Menyerap Uang Hingga Rp23 Triliun Dari Lelang

Pada simulasi tadi, pasangan Ganjar-Khofifah menyusul sebanyak 32,3 % dan Anies-Risma 9,8 %. Simulasi yang lain menunjukkan pasangan Prabowo-Khofifah unggul sebesar 43,8 % serta Prabowo-Risma 35,4 %.

“Prabowo selalu unggul pada simulasi capres-cawapres, dan Prabowo-Puan sebagai pasangan paling bertenaga di dukung publik,” tutur Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono pada siaran pers di Jakarta, pada Selasa (15/2).

dari Andreas, unggulnya Puan tidak tanggal asal endorsement asal jajaran elite PDIP, pada mana Puan disebut menjadi figur regenerasi kepemimpinan Megawati. Rendahnya elektabilitas Puan Jika di bandingkan dengan Risma maupun Khofifah pun tak jadi persoalan.

Elektabilitas Puan permanen cukup tinggi waktu di sandingkan menggunakan Anies (33,tiga persen), atau bahkan menggunakan Ganjar (32,3 persen). “Puan kerap di kontraskan dengan Ganjar yg memiliki elektabilitas jauh pada atas Puan,” lanjut Andreas.

Baca Juga: Meminta Meninjau Ulang Tata Cara Pencairan JHT, Ucap Puan Maharani

Prabowo Puan di nilai Jadi Pasangan Terkuat

New Indonesia Research & Consulting jua melakukan survei terhadap dukungan publik terhadap kepemimpinan wanita. Hasilnya, mayoritas perempuan menyatakan tak keberatan Indonesia di pimpin oleh presiden ataupun Wakil Presiden wanita.

“Pasangan Prabowo-Puan mampu menjadi asa publik menjadi pemimpin nasional,” pungkas Andreas.

dalam survei bulan November 2021, Prabowo-Puan pula unggul telak pada simulasi, Jika di bandingkan dengan Ganjar-Ridwan Kamil dan Anies-AHY.

Survei New Indonesia Research & Consulting di lakukan di 1-10 Februari 2022 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage secara acak sampling, menggunakan margin of error ±2,89 % serta pada taraf agama 95 %.