Tak Diagendakan, Isu Utang Negara Miskin tetap Dibahas di G20 – ZonaTalk


sar

KETERANGAN PERS – Menkeu Sri Mulyani dan Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan keterangan pers pada Sabtu (16/7/2022).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Walau tak diagendakan dalam G-20, isu utang negara-negara miskin tetap dibahas dalam pertemuan G20 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Sabtu (16/7/2022). Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat memberikan keterangan pers pada akhir acara.

Menurut Sri Mulyani, G20 bukanlah forum kreditur. “G20 fokus membahas persoalan inflasi serta persoalan capital lainnya,” tegasnya.

Walau begitu, pertemuan G20 tetap membahas isu utang luar negeri negara-negara miskin atau negara-negara berpenghasilan rendah di dunia. Hasilnya, negara-negara miskin atau negara berpenghasilan rendah harus melakukan negosiasi atau minimal melakukan restrukturisasi terhadap utang-utangnya.

“Terhadap persoalan utang luar negeri, negara-negara miskin bisa melakukan diskusi dngan kalangan kreditur baik lembaga keuangan maupun negara-negara pemberi pinjaman (kreditur). Dengan diskusi ini, ujarnya, minimal negara miskin memiliki kepastian atau prediksi bagaimana dengan utang-utang mereka,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan G20, Sabtu (16/7/2022) menyangkut pembayaran lintas batas atau cross border payment. Sistem ini akan memudahkan transaksi antarnegara karena lebih cepat, transparan dan murah. “Lewat cross border payment ini, pelaku transkasi antarnegara akan memperoleh kemudahan,” tegasnya.

Saat ini, ujarnya, sistem ini sudah berjalan di 5 negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Filipina. Sistem pembayaran yang akan disepakati pada Oktober 2022 ini juga bertujuan untuk memperkuat arsitektur keuangan internasional. (sar)

The post Tak Diagendakan, Isu Utang Negara Miskin tetap Dibahas di G20 first appeared on Bali Viral News.



ZONATALK

Sumber: baliviralnews.com