Tak Hanya Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden, Sekjen PBB Juga Bakal Hadiri G20 Bali – ZonaTalk


Berita Baru, New York – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres berencana akan hadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan di laman Kemenlu RI pada Senin (19/9), di mana Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi bertemu langsung dengan Guterres di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat.

Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT G20 dan menjelaskan mengenai persiapan KTT G20 di Bali sejauh ini.

Sejauh ini, Pemimpin Tertinggi China Xi Jinping dan Pemimpin Tertinggi Rusa Vladimir Putin juga direncanakan akan hadir dalam G20 Bali, menurut pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan beberapa pemimpin negara Barat juga direncanakan hadir, termsuk Presiden Ukraina Zelensky.

Jika terjadi seperti yang direncanakan, maka G20 akan menjadi salah satu momen bersejarah dunia di mana para pemimpin top dunia berkumpul dalam satu majelis di saat mereka ‘bertikai’ di beberapa bidang.

Pertemuan antara Menlu Retno dan Guterres mengawali rangkaian kunjungan kerja Menlu RI untuk menghadiri Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77.

Sidang Majelis Umum ke-77 PBB dibuka pada 13 September 2022. High Level Week (HLW) sidang umum itu berlangsung pada 20-26 September 2022 di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan dengan Sekjen PBB itu, Retno juga membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk Presidensi Indonesia di G20.

Retno menyampaikan mengenai pentingnya KTT G20 untuk dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia.



ZONATALK

Sumber: Beritasatu.co