Taklukkan Myanmar Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia U-16 Melaju ke Final – ZonaTalk


Berita Baru, Sepakbola – Timnas U-16 Indonesia akhirnya mampu melaju ke partai final Piala AFF U-16 2022 usai menang adu penalti 5-4 atas Myanmar. Pertandingan adu penalti terjadi setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8).

Indonesia tampil menyerang sejak awal babak pertama. Dengan menerapkan permainan yang cukup tenang, mereka membuka pertahanan Myanmar yang turun dengan formasi 3-4-3 dengan garis pertahanan rendah dan rapat sepanjang pertandingan.

Bahkan, berdasar statistik, Indonesia memiliki 13 peluang mencetak gol, sedangkan Myanmar hanya empat peluang.

Dengan dominasi penguasaan bola sebesar 60 persen, Indonesia justru kebobolan pada menit ke-42. Bola lambung dari garis tengah lapangan Myanmar salah diantisipasi kiper dan lini pertahanan.

Bola muntah dimanfaatkan pemain nomor 11, Nay Min Htet, mencetak gol. Itu menjadi satu-satunya peluang yang mengarah ke gawang dari pemain Myanmar. Skor 1-0 untuk keunggulan Myanmar.

Pada babak kedua, Bima Sakti melakukan sejumlah pergantian pemain. Tujuannya untuk menambah daya gedor.

Dalam sepuluh menit pertama babak kedua, Arkhan Kaka mendapat dua peluang usai memenangi duel udara melalui skema tendangan sudut dan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Myanmar. Akan tetapi, tandukannya gagal mengarah ke gawang.

Menit ke-64, Figo Dennis Saputranto, yang masuk di babak kedua, mendapatkan peluang lewat skema tendangan bebas. Meski melewati pagar pemain, tendangannya masih lemah dan dapat diantisipasi kiper dengan mudah.

Riski Afrizal akhirnya memecah kebuntuan timnas U-16 Indonesia pada menit ke-69. Memanfaatkan skema tendangan bebas setelah Muhammad Kafiatur dilanggar, tendangan melengkungnya gagal diantisipasi kiper Sai Thi Ha Naing. Skor imbang 1-1.

Pada menit ke-85, Kafiatur menggunakan kekuatan kaki kirinya untuk melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, sepakannya masih melebar. Dua menit berselang, Nabil Asyura melakukan tendangan salto di kotak penalti Myanmar. Namun, tendangan saltonya membentur mistar gawang.

Myanmar praktis hanya bertahan hingga enam menit masa injury time, sedangkan Indonesia juga gagal memanfaatkan peluang tersisa. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal. Pertandingan berlanjut ke babak penalti.

Di babak adu penalti, lima pemain Indonesia, Muhammad Iqbal, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, dan Nabil Asyura, berhasil menunaikan tugasnya. Sedangkan kiper Indonesia, Andrika Rachman, berhasil menjadi pahlawan dengan menggagalkan satu tendangan pemain Myanmar. Skor 5-4 untuk kemenangan Indonesia pada babak adu penalti.

Di partai final Piala AFF U-16, timnas U-16 Indonesia akan kembali bersua dengan Vietnam yang mengalahkan Thailand dengan skor 2-0. Partai final akan berlangsung pada Jumat, 12 Agustus 2022.



ZONATALK

Sumber : Beritabaru.co