Jangan Hilang Jika Tidak Mau Terkena Denda! Hati-Hati Menjaga Kunci Kamar Hotel

ZONA TALK – Jangan menganggap sepela mengenai barang Hotel. Apalagi jika anda kehilangan kunci kamar hotel, tentunya ada sanksi yang akan anda terima. Salah satu sanksi pastinya membayar denda, sepertinya hal tersebut pastinya anda juga mengetahui hal tersebut.

Sejumlah hotel mengenakan kebiajakan denda atas kehilangan kunci tersebut, tetapi beberapa lainnya memberi tambahan kunci pengganti tanpa denda. Namun, berapa denda kunci kamar hotel yang hilang termasuk tergantung pada kebijakan masing-masing hotel.

Berapa denda kunci kamar hotel yang hilang?

Besaran denda kunci kamar hotel hilang tergantung pada kebijakan masing-masing hotel. Manager GH Universal Hotel Bandung Anti Purnamasari menuturkan, denda atas kehilangan kunci kamar di GH Universal Hotel Bandung sebesar Rp 50.000. Denda berikut sebagai cost rubah kunci baru karena kunci termasuk properti milik hotel.

Denda kunci kamar hilang merupakan bentuk disiplin dari pihak GH Universal Bandung. Ia menghendaki tiap-tiap tamu sanggup menjaga properti hotel selama menginap.

“Untuk kunci kamar, jika hilang di memberikan harga perubahan Rp 50.000,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (10/02/2022).

Senada, Swiss-belboutique Hotel Yogyakarta termasuk membebankan denda sebesar Rp 50.000 kepada tamu yang menghalau kunci kamar.

“Jika kunci hilang kebanyakan tersedia denda sekitar Rp 50.000 per kunci, tetapi balik lagi tergantung kebijakan hotel masing – masing,” ujar Assistant Public Relations Manager & Loyalty Program Swiss-belboutique Hotel Yogyakarta Leno Christiannaldo.

Jika tamu menghalau kunci kamar saat tetap menginap, pihak hotel akan selalu memberi tambahan kunci baru jika kehilangan di laporkan. Namun, kunci baru pastinya di berikan sesudah tamu membayar denda.

“Jadi, kami selalu akan membuatkan kunci yang baru, tetapi kunci yang hilang selalu harus di-charge,” terangnya.

Namun, beberapa hotel tidak menjatuhi denda pada tamu jika menghalau kunci kamar. Mereka lumayan di minta untuk melapor kepada resepsionis, sesudah itu pihak hotel akan memberi tambahan kunci baru. Salah satunya adalah Hotel NEO Denpasar.

“Untuk kunci yang hilang tidak di kenakan cost denda, cuma saja mohon dilaporkan kepada resepsionis untuk ditindaklanjuti lebih lanjut,” kata Marketing Communication Hotel NEO Denpasar Chintya Damayanti.

Serupa, Marketing Communications Manager of Mamaka by Ovolo Jonathan Jeremy menuturkan pihaknya tidak mengenakan denda atas kehilangan kunci.

“Untuk kunci kamar yang hilang, tidak di kenakan biaya,” ujarnya.

Prosedur lapor kehilangan kunci

Jika anda kehilangan kunci hotel, tak harus panik. Cukup laporkan hal itu pada pihak hotel. Untuk lebih lanjut, setidaknya tersedia dua cara yang harus anda melaksanakan dan ketahui jika kehilangan kunci hotel:

  • Melapor pada resepsionis

Setelah mengetahui kehilangan kunci kamar hotel, segera laporkan hal berikut kepada resepsionis supaya sanggup di tangani segera.

Menurut Jonathan, tamu pada kebanyakan akan di minta untuk perlihatkan kartu identitas, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), aatau paspor, di dalam prosedur penggantian kunci.

Tujuannya untuk memastikan bahwa betul tamu yang melapor kehilangan kunci adalah penghuni kamar tersebut.

“Untuk menukar bersama kunci yang baru, tamu di haruskan menunjukan kartu identitas untuk verifikasi,” ujarnya.

  • Kunci lama dinonaktifkan

Chintya menyebutkan sesudah melaporkan kehilangan kunci ke resepsionis, pihak hotel akan memberi tambahan kunci baru. Sekaligus, lanjutnya, menonaktifkan kunci lama yang hilang.

Dengan demikian, bila kunci yang hilang di temukan tidak sanggup di salahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Jika tetap di dalam periode menginap, akan di ganti bersama kunci yang baru supaya kunci yang hilang tidak aktif dan tidak sanggup di gunakan untuk terhubung kamar,” terangnya.

Namun, Jonathan menuturkan kasus kehilangan kunci kamar sesungguhnya jarang terjadi. Akan tetapi, kerap di temui tamu tak sengaja meninggalkan kunci di dalam kamar sementara hendak keluar, supaya tidak sanggup terhubung pintu.

“Untuk kasus kehilangan jarang terjadi, paling sekali atau dua kali di dalam sebulan. Yang paling kerap itu, tamu meninggalkan kuncinya di kamar, supaya mereka minta kunci yang baru ke tim kami untuk masuk ke kamar,” terangnya.

Terlepas dari denda maupun bebas denda, dan juga besaran denda, kunci kamar merupakan tanggung jawab tamu hotel saat menginap. Oleh karena itu, sebaiknya para tamu menjaga properti milik hotel berikut bersama baik.